Sepasang Kekasih Terduga Orangtua Buang Bayi di Bawah Pohon Nangka Mendatangi Polres Purwakarta

Sepasang kekasih yang diduga melakukan pembuangan bayi di Cikopak, Babakancikao, Purwakarta pada Senin (8/4/2019) menyerahkan diri ke Mapolres

Sepasang Kekasih Terduga Orangtua Buang Bayi di Bawah Pohon Nangka Mendatangi Polres Purwakarta
Tribun Jabar/Haryanto
Kasatreskrim Polres Purwakarta, AKP Handreas Ardian saat diwawancarai sejumlah wartawan di Mapolres Purwakarta, Ciseureuh, Purwakarta pada Rabu (10/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Sepasang kekasih yang diduga melakukan pembuangan bayi di Cikopak, Babakancikao, Purwakarta pada Senin (8/4/2019) menyerahkan diri ke Mapolres Purwakarta pada Rabu (10/4/2019).

Hal itu dikatakan Kasatreskrim Polres Purwakarta, AKP Handreas Ardian saat ditemui di Mapolres Purwakarta, Ciseureuh, Purwakarta.

Ia membenarkan bahwa adanya dua orang yang mendatangi jajarannya dengan alasan terkait kasus penemuan bayi di bawah pohon nangka tersebut.

"Memang sudah ada yang menyerahkan diri ke Polres Purwakarta, mengakuinya (terlibat) terkait kasus penemuan bayi di Cikopak," kata Handreas.

Dia menyebut ada dua orang yaitu perempuan dan laki-laki yang datang. Pada laporannya itu, keduanya mengakui bahwa bayi yang diduga lahir prematur tersebut.

Namun, menurut informasi yang didapat, karena kedua pelaku belum terikat pernikahan, bayi itu ketakutan telah hamil dan melahirkan.

Marak Buang Bayi, Satreskrim Polres Purwakarta Bertekad Usut Tuntas

Sehingga, pelaku mengarang cerita kalau seolah-olah menemukan bayi yang ari-arinya masih menempel, di bawah pohon nangka.

Pada informasi awal, saksi yang berinisial VA mengaku menemukan bayi malang tersebut. Namun seiring berjalannya waktu dan penyelidikan, saksi itu mengaku adalah ibu kandung korban.

Handreas menduga hal itu disebabkan perempuan itu takut kepada orang tuanya karena telah hamil diluar nikah.

Bikin Geger, Ini Sejumlah Kasus Buang Bayi yang Terjadi di Purwakarta

"Semuanya masih kami dalami dan dilakukan pemeriksaan terhadap saksi. Sementara belum ditingkatkan statusnya, karena masih pemeriksaan," ucapnya.

Meski telah menyerahkan diri tapi tidak serta merta kasusnya gugur demi hukum. Jika telah terbukti terlibat pada kasus itu, VA dan pasangannya bisa terkena pasal perlindungan anak karena lalai atau menelantarkan anaknya.

Pada kasus tersebut, Handreas menjelaskan bahwa para pelaku terancam tujuh tahun hukuman penjara lantaran telah melakukan penelantaran anak.

LIVE STREAMING RCTI PIALA PRESIDEN Leg 2 Arema FC VS Persebaya

LIVE STREAMING RCTI di Liga Champions Ajax Amsterdam VS Juventus

LIVE STREAMING RCTI Liga Champions Man United VS Barcelona

Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved