Harga Bawang Merah Naik, Ini Penjelasan dari Kementerian Perdagangan RI

Harga bawang merah naik, ini penjelasan dari Kementrian Perdagangan RI.

Harga Bawang Merah Naik, Ini Penjelasan dari Kementerian Perdagangan RI
TRIBUN JABAR / TEUKU MUH GUCI S
BAWANG MERAH MINI - Pedagang sayur tengah menjual bawang merah kepada para pembeli di kiosnya di Pasar Muka, Jalan Raya Bandung, Kelurahan Muka, Kecamatan Cianjur, Minggu (15/3/2015). Ukuran bawang merah yang dijual para pedagang lebih kecil dari ukuran bawang pada umumnya. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Tjahya Widayanti menyampaikan, harga bawang merah saat ini terpantau terkendali.

Walaupun terjadi kenaikan harga, tapi masih berada di bawah harga acuan yang telah ditetapkan pemerintah yakni Rp 32.000 per kg.

“Harga bawang merah nasional pada Maret 2019 berkisar Rp 30.214/kg. Meskipun mengalami kenaikan sebesar 18,68 persen dibanding bulan sebelumnya, tapi harga tersebut masih di bawah harga acuan,” kata Tjahya dikutip Tribun dari siaran pers Kemendag, Selasa (9/4/2019).

Tjahya juga mengatakan, harga bawang merah masih terkendali di wilayah sentra produksi seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur, yaitu masing-masing Rp 31.110/kg dan Rp 29.500/kg.

Kenaikan terjadi di daerah non-sentra produksi, seperti Papua, Maluku Utara, dan Papua Barat, masing-masing Rp 45.000/kg, Rp 43.085/kg, dan Rp 41.125/kg.

Menurut informasi yang Kemendag terima, kenaikan harga bawang merah terjadi karena saat ini sedang di luar masa panen (off season).

Namun, lanjut Tjahya, dalam dua minggu ke depan diperkirakan ada penambahan jumlah panen wilayah sentra seperti Brebes, Demak, Kendal, Sumenep, Probolinggo, dan Nganjuk.

“Diharapkan, penambahan jumlah panen dapat meningkatkan pasokan bawang merah dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga harga akan tetap terjaga stabil," katanya.

5 Kelakuan Unik Warga Bandung Selatan di Tengah Banjir, Ada Kampung Wisata & di Delman Pacar Siapa?

Nih Cara Ampuh Memasak Jengkol Agar Tak Menimbulkan Bau yang Menyengat

Penulis: Siti Fatimah
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved