2 Pria Asal Margahayu Selundupkan 231 Ponsel dari Singapura ke Bandung Senilai Setengah Miliar

Seorang pria asal Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Handi Dibiyanto (40) dan Bobby Susanto (41) diseret ke meja hijau karena menyelundupkan

2 Pria Asal Margahayu Selundupkan 231 Ponsel dari Singapura ke Bandung Senilai Setengah Miliar
kliknklik.com
Ilustrasi, kliknklik.com

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Seorang pria asal Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Handi Dibiyanto (40) dan Bobby Susanto (41) diseret ke meja hijau karena menyelundupkan 231 ponsel berbagai merek ke Kota Bandung dari Singapura tanpa dokumen resmi kepabeanan.

Keduanya menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (9/4/2019). Di persidangan, kasus itu berawal pada hari Senin (21/1/2019), Bobby meminta Handy berangkat ke Singapura. Dan pada hari Rabu (23/4/2019) diminta  membawa ponsel dari Singapura ke Indonesia.

Handy, kata jaksa Iksan Nasrullah, juga diminta Boby untuk membawa banyak koper kosong ke Singapura. Bobby berangkat lebih dulu pada Selasa (22/4/2019) disusul kemudian saksi Handy pada Rabu (23/4/2019) dengan membawa enam koper kosong.

"Setelah Handy tiba di Bandara Changi, Singapura, terdakwa Bobby mulai berbelanja ponsel berbagai merek dan jenis di beberapa toko yang terdapat di daerah Toa Payoh, Singapura," ujar jaksa.

Setelah belanja, kedua terdakwa memesan tiket tujuan Bandung pada Sabtu (26/4/2019) menggunakan Air Asia nomor penerbangan QZ 366 dengan membawa barang berupa satu tas ransel berisi pakaian pribadi, dua koper berisi 223 ponsel dan 30 aksesoris ponsel.

Sedangkan Handy membawa delapan ponsel yang disimpan dalam saku jaket dan celananya. Disamping itu, mereka menyimpan makanan dan pakaian di dalam empat koper lainnya.

Hanya saja, koper berisi ratusan ponsel itu tidak dibawa ke bagasi pesawat melainkan dibawa langsung ke pesawat dan disimpan di kabin penumpang. Adapun empat koper yang‎ disimpan di bagasi hanya ‎barang bawaan ringan, makanan dan pakaian.

Banjir di Bandung Selatan, 30 Tahun Sumiarsih Jual Rumah di Baleendah dan Tak Laku-laku: Ikhlas Saja

"Satu koper dibawa oleh Bobby sedangkan satu koper lagi dibawa oleh Handy. Keduanya membawa masuk koper berisi ponsel tersebut ke dalam kabin pesawat lalu meletakkan dua koper tersebut di bagasi kabin sebagai hand carry dan berangkat menuju Bandara Husen Sastranegara, Bandung," ujar jaksa.

Setibanya di Bandara Husen Sastranegara, sebelum kedua terdakwa keluar dari pesawat, mereka mendapatkan Dokumen Custom Declaration untuk diisi mengenai identitas, nomor paspor serta pernyataan barang bawaan penumpang. Namun, keduanya tidak mencantumkan barang bawaan yang nilainya di atas 500 Dollar AS.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved