Rekayasa Lalu lintas di Sekitar Jalan Dustira Kota Cimahi Dipermanenkan

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi mempermanenkan penerapan sistem satu arah (SSA) di kawasan Jalan Dustira, Jalan Urip dan Jalan Terusan Sudirman

Rekayasa Lalu lintas di Sekitar Jalan Dustira Kota Cimahi Dipermanenkan
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi lalu lintas saat uji coba sistem satu arah di sekitar jalan Dustira. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi mempermanenkan penerapan sistem satu arah (SSA) di kawasan Jalan Dustira, Jalan Urip dan Jalan Terusan Sudirman, Kota Cimahi, Minggu (7/4/2019).

Hal tersebut dilakukan karena setelah uji coba penerapan SSA sejak 1 hingga 6 April 2019, kondisi arus lalu lintas secara umum dinilai lebih lancar dan jarang terjadi kemacetan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang, mengatakan bahwa sistem satu arah tersebut dipermanenkan setelah pihaknya rapat evaluasi dengan aparat kepolisian dan instansi terkait.

"Sesuai hasil rapat evaluasi dengan Kepolisian, Kodim dan pihak terkait lainnya, rekayasa lalu lintas di kawasan Dustira terhitung hari ini 7 april 2019 dipermanenkan," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Minggu (7/4/2019).

Geger Mayat Dalam Karung di Pantai Karibea Pandeglang, Saksi Melihat Tangan

30 Atlet Kempo Jabar Siap Bertanding di Kualifikasi PON XX Papua

Ia mengatakan, setelah uji coba, kondisi jalan tersebut saat ini, sudah mulai lancar, padahal sebelumnya titik simpul kemacetan kerap terjadi di simpang Jalan Sudirman, Jalan Urip, dan Bundaran Wihelmina, yang mengakibatkan kemacetan panjang hingga ke akses Tol Baros.

"Alhamdulillah saat ini kemacetan di jalan itu sudah mulai terurai. Walaupun kondisi lalu lintas pada jam sibuk masih kerap padat, tapi laju kendaraan tetap bisa mengalir," katanya.

Namun, kata Endang, kemacetan di pintu perlintasan kereta api Dustira masih kerap terjadi karena pengendara harus berhenti ketika ada kereta api yang melintas.

"Mudah-mudahan rencana pembangunan Underpass Dustira-Sriwijaya bisa segera terealisasi. Sehingga kondisi lalu lintas di kawasan Dustira bisa lebih lancar," ujar Endang.

Sementara untuk menunjang penerapan sistem satu arah secara permanen tersebut, lanjut Endang, Dishub Kota Cimahi sudah memperbanyak pemasangan rambu-rambu lalu lintas.

Menurut Kasatlantas Polres Cimahi AKP, Suharto, penerapan rekayasa arus lalu lintas dengan SSA tersebut memang berdampak pada kelancaran arus lalu lintas, sehingga pihaknya mendukung untuk dipermanenkan.

"Jadi setiap harinya sudah tidak padat lagi, sehingga kami mendukung adanya penetapan rekayasa arus lalu lintas tersebut," katanya.

Namun kata Suharto, kemacetan di depan Rumah Sakit Dustira, hingga saat ini terkadang masih kerap terjadi terutama saat jam sibuk pada pagi dan sore hari karena ada perlintasan kereta api.

Planet Jupiter akan Berbalik Arah pada April Ini, Apakah Berdampak ke Bumi? Ini Penjelasannya

Disunahkan Rasulullah SAW Sebagai Menu Berbuka Puasa, Ini Segudang Manfaat Buah Kurma

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved