Pemilu 2019

Stiker Gambar Serangga dan Angka Aneh Menempel di Baliho Caleg di Bandung, Wajah Caleg Hilang

Stiker berisikan gambar menyerupai serangga, bertuliskan Glory, Google, Gold" serta angka "6,2,36" menempel di baliho para caleg di Bandung

Stiker Gambar Serangga dan Angka Aneh Menempel di Baliho Caleg di Bandung, Wajah Caleg Hilang
Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik
Stiker yang bergambarkan menyerupai serangga, terlihat di sekitar Jl Siliwangi, Kota Bandung, Sabtu (06/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Lembaran kertas atau stiker berisikan gambar menyerupai serangga, bertuliskan Glory, Google, Gold" serta angka "6,2,36" menempel di baliho para calon  legislatif (caleg) di sejumlah tempat di Bandung, termasuk terlihat di Jalan Siliwangi, Kota Bandung, Sabtu (06/4/2019).

Tempelan gambar serangga bertuliskan Glory, Google, Gold" serta angka "6,2,36" itu menutupi wajah para calon legislatif.

Meski begitu, baliho ini masih terlihat jelas berisi kampanye meminta dukungan untuk dipilih pada Pemilu 2019, 17 April 2019 nanti.

Hanya, dari baliho itu terisa gambar-gambar orang-orang yang menjadi pemantik untuk memilih, yakni gambar pasangan calon presiden Jokowi-Maruf Amin.

Menanggapi hal tersebut, Politisi Partai PDIP Junico BP Siahaan atau akrab disapa Nico Siahaan mengatakan bahwa, stiker tersebut diyakini sudah didesain.

UPDATE Pengeroyokan di Jalan Dipatiukur Bandung, Korban Masih di Rumah Sakit, Polisi Mulai Menyidik

"Itu bukan iseng, by design, dan tentunya bermodal. Kemungkinan itu adalah bagian dari kebebasan berekspresi, berpendapat tentang polusi visual. Itu dugaan saya, Kita belum mengetahui apa pesannya," kata Junico BP Siahaan saat dihubungi Tribun Jabar.

Nico juga menduga, bahwa pelaku penempelan poster tersebut merupakan orang yang ahli dalam visual, bukan orang sembarangan.

Anggota DPR RI tersebut juga mengatakan bahwa dari stiker yang tertempel menutupi baliho para Politisi yang akan bertarung pada 17 April 2019 mendatang tidak terlihat berpihak pada satu partai maupun calon presiden meskipun dari dua pasangan Calon Presiden yang akan bertarung nantinya, hanya baliho capres 01 yang ditutupi stiker menyerupai serangga tersebut.

Neni Eviliana Caleg Partai Demokrat Melawan Kebijakan SBY, Pasang Baliho Pakai Gambar Jokowi-Maruf

Junico BP Siahaan menduga, bahwa maraknya stiker bergambarkan serangga tersebut, karena komplain terhadap polusi visual.

Ia menilai bahwa desain para Politisi yang dipajang telah baik, namun ditutupi secara rapi menggunakan stiker bercorak serangga tersebut.

Pantauan Tribun Jabar, stiker tersebut tidak hanya menutupi baliho para Politisi di Jl Siliwangi, namun pada pekan lalu, stiker tersebut juga terlihat di sekitar Jl RE Martadinata dan Jl Merdeka Kota Bandung.

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved