Jalan Penghubung Antara KBB dan Kabupaten Bandung Ambles dan Tertutup Longsor

Jalan penghubung antara Kabupaten Bandung Barat dengan Kabupaten Bandung terputus karena ambles dan tertutup longsor di Kampung Cimanong

Jalan Penghubung Antara KBB dan Kabupaten Bandung Ambles dan Tertutup Longsor
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Jalan penghubung Kabupaten Bandung Barat ( KBB) dan Kabupaten Bandung di Kampung Cimanong, Desa Karyamukti, Kecamatan Cililin, ambles dan tertutup longsor, Jumat (5/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CILILIN - Akses jalan penghubung antara Kabupaten Bandung Barat  ( KBB) dengan Kabupaten Bandung terputus karena ambles dan tertutup longsor di Kampung Cimanong, Desa Karyamukti, Kecamatan Cililin.

Amblesnya jalan tersebut akibat tanahnya tak kuat menampung debit air, setelah hujan deras mengguyur kawasan itu pada Kamis (4/4/2019) malam.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, Jumat (5/4/2019), akses jalan tersebut selain ambles juga tertutup longsoran tanah dari atas tebing setinggi 10 meter lebih.

Bahkan kondisi jalan yang sudah rusak itu, sulit untuk dilewati kendaraan karena selain akses terputus, kondisi jalan pun licin akibat adanya longsoran tanah tersebut.

Kepala Badan Penangguulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo mengatakan, akses yang ambles dan tertutup tanah itu merupakan jalan utama bagi warga sekitar untuk menjual hasil buminya ke wilayah Kabupaten Bandung dan sekitarnya.

"Untuk penanganan kami meminta bantuan dinas terkait, setelah melakukan pengecelan kami meminta bantuan ke Dinas PU," ujarnya di Desa Karyamukti.

Longsor di Cililin Tersebar di Dua Desa, Puluhan Rumah Rusak Ringan hingga Berat

Ia mengatakan, pihaknya meminya bantuan tersebut karena akses jalan itu karena hingga tadi siang aksesnya belum terbuka, sehingga ia akan meminta PU untuk menurunkan alat berat.

"Karena kalau ada alat berat bisa lebih cepat," katanya.

Seorang petani setempat Aceng (51) mengatakan, biasanya jalan tersebut digunakan sebagai jalan alternatif warga untuk mengangkut sayuran ke Soreang atau Pasar Induk Caringin di Kota Bandung.

Jalan Penghubung Dua Desa di Salawu Tasikmalaya Longsor Setelah Diguyur Hujan Deras

"Tapi kalau sekarang kondisinya seperti itu, ya susah untuk dilewati," katanya.

Akibatnya, kata dia, akses warga yang biasanya melintasi jalan tersebut jadi terhambat, alhasil petani harus memutar jalur lebih jauh.

"Aktivitas warga juga jadi agak terlambat, termasuk dalam mengirimkan sayuran ke daerah Kabupaten Bandung," ucapnya.

Longsor di Ngamprah Jebol Kamar Enceh dan Satu Rumah Terancam

Berdasarkan informasi yang dihimpun, selain jakan itu, jalan lain yang tertimbun material longsor adalah jalur penghubung Desa Karyamukti dan Desa Cilame Kabupaten Bandung yang melewati areal Perhutani.

Bahkan selain longsoran tanah menimbun jalan, pohon tumbang pun terjadi di beberapa titik yang ada di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat itu.

Jalur Penghubung Bandung-Garut Putus Tertutup Longsor di Talegong

Didatangi Jokowi, Perajin Rotan Tegalwangi Cirebon Mengeluh, Bahan Baku Susah Harganya Mahal

Jalan Penghubung Dua Desa di Salawu Tasikmalaya Longsor Setelah Diguyur Hujan Deras

Ini Kondisi Fisik Fabiano Beltrame di Persib Terkini Menurut Pelatih Yaya Sunarya

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved