Ini Tips Sukses Cari Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran, PT KAI Jual Tiket Tambahan Mulai 6 April

Untuk memberikan kenyamanan, PT KAI menambah rangkaian kereta api untuk mudik Lebaran 2019 ini.

TRIBUN JABAR / THEOFILUS RICHARD
penumpang kereta api 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Minat masyarakat untuk mudik pada lebaran nanti sangat tinggi. Hal ini terlihat dari penjualan tiket kereta api yang sudah terjual khususnya di hari-hari favorit dan tujuan favorit. Untuk memberikan kenyamanan, PT KAI menambah rangkaian kereta api untuk mudik Lebaran 2019 ini.

"PT KAI menjual tiket 50 perjalanan KA tambahan 6 April 2018 pukul 00.01 WIB. KAI menambah KA-KA dengan berbagai rute yang menjadi favorit masyarakat di antaranya adalah dari keberangkatan Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan lainnya," Kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro pada acara konferensi pers KA Tambahan Mudik Lebaran 2019 di ruang VVIP Stasiun Bandung,Jumat (5/4/2019).

Jumlah seat pada KA Tambahan sebanyak 29.456 seat KA tambahan per hari. Seat tersebut dijual mulai 6 April dini hari. Jumlah tersebut meningkat 8% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 27.072 seat KA tambahan.

Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA tambahan ini melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, dan berbagai channel penjualan tiket resmi KAI lainnya. Ia mengatakan, untuk memberikan kemudahan, PT KAI juga menambah bandwidth agar masyarakat mudah dan lancar saat membeli melalui aplikasi.

Soal Reino Barack, Syahrini Tunjuk Awak Media: Ada yang Julid Permanen, Sudah Tahu Muka-mukanya

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan oleh calon penumpang saat melakukan perburuan tiket KA untuk Mudik dan Balik Lebaran 2019.

1. Usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket.

2. Cari rute dan tanggal alternatif. Jika tiket yang Anda inginkan habis, Anda bisa cari rute alternatif. Misalnya jika rute Jakarta menuju Solo habis, Anda bisa memesan jalur Jakarta – Bandung terlebih dahulu, lalu diteruskan dari Bandung menuju Solo yang relatif masih banyak. Bisa juga menggunakan kereta persambungan, misalnya dari Jakarta – Cirebon lalu Cirebon – Solo. Pastikan waktu antarkereta tidak telalu dekat agar tidak tertinggal jadwal kereta lanjutan. Selain itu, coba sesuaikan tanggal bepergian Anda untuk menghindari keberangkatan di tanggal-tanggal favorit.

3. Cek ketersediaan tiket secara berkala. KAI menyediakan layanan pembatalan dan pengubahan jadwal baik di stasiun maupun di aplikasi KAI Access untuk memberikan kemudahan kepada penumpang KA. Oleh sebab itu, apabila ada tiket yang dibatalkan atau diubah jadwalnya, maka tiket lama tersebut akan muncul kembali ke sistem ticketing untuk dijual kembali kepada masyarakat melalui seluruh channel penjualan KAI.

"KAI juga mengimbau kepada masyarakat agar membeli tiket Lebaran di kanal resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar, " katanya.


Penulis: Siti Fatimah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved