KPU Kota Bandung Tunggu Penetapan DPT, Surat Suara DPTb Nelum Turun

Kebutuhan surat suara untuk daftar pemilih tambahan (DPTb) belum turun untuk KPU Kota Bandung, lantaran masih menunggu penetapan KPU RI.

KPU Kota Bandung Tunggu Penetapan DPT, Surat Suara DPTb Nelum Turun
Tribun Jabar/Hilda Rubiah
Ratusan tenaga sortir dan lipat (sorlip) surat suara Pemilu 2019 yang bekerja di STT Mandala, Kota Bandung, Rabu (20/3/2019), tampak sumringah karena lagu dangdut diputar 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kebutuhan surat suara untuk daftar pemilih tambahan (DPTb) belum turun untuk KPU Kota Bandung, lantaran masih menunggu penetapan KPU RI.

Koordinator Lapangan Sortir Lipat KPU Kota Bandung, Dede Sopian, mengatakan sembari menyelesaikan penyaluran logistik ke TPS, pihaknya juga menunggu penambahan secara pasti surat suara DPTb.

"Penambahan DPTb sebelum tanggal 4 April 2019, KPU RI akan menetapkan secara nasional jumlah DPT," ujar Dede Sopian, saat dihubungi Tribun Jabar, Rabu (3/4/2019).

KPU RI akan merekapitulasi DPT nasional yang akan disesuaikan dengan regulasi kebutuhan daftar pemilih tambahan (DPTb).

Berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) melalui surat edaran nomor 577/PL.02.1-SD/01/KPU/III/2019 tentang tindak lanjut putusan MK nomor 20/PUU-XVII/2019.

Yaitu adanya perpanjangan waktu untuk pengurusan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), yang awalnya ditutup pada 17 Maret 2019 kemudian menjadi H-7 sebelum pemilihan 17 April 2019 mendatang.

"Karena perpanjangan waktu itu ada perbaikan DPT sehingga ada penambahan untuk pemilih khusus (DPK) dan daftar pemilih tambahan (DPTb)," ujarnya.

Bonus Kadeudeuh Atlet Porda dan Asian Paragames KBB Cair Bulan Juli, Total Rp 11 Miliar

Demikian kata Dede, saat ini KPU tengah memperbaiki DPT, dalam hal ini form A5 yang disediakan sesuai dengan kriteria khusus di KPU masih berlangsung.

Oleh karena itu, surat suara penambahan tersebut belum diterima pihaknya.

Namun sementara ini, Dede memperkirakan penambahan surat suara DPK maupun DPTb sekira 5000 an.

Pengerjaan sorlip surat suara tambahan tersebut akan dilakukan secara simultan, lantaran sorlip tidak sebanyak surat suara DPT.


Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved