Tarif Kamar Kos di Jatinangor, Mulai Rp 5 Juta-Rp 30 Juta Pertahun, Nih Fasilitas Kamar Rp 30 Juta

Salah satu kawasan yang banyak dijumpai bangunan indekos, adalah kawasan pendidikan Jatinangor di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Tarif Kamar Kos di Jatinangor, Mulai Rp 5 Juta-Rp 30 Juta Pertahun, Nih Fasilitas Kamar Rp 30 Juta
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Indekos Amanda Hill Pad Jatinangor di Jalan Cikuda, Desa Cileles, Kecamatan Jatinangor, Selasa (2/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Mendengar nama indekos atau kos, sejumlah mahasiswa mungkin berpikir tentang sebuah kamar untuk berbagai kegiatan dan bisa ditinggali dengan membayarnya per bulan atau pertahun.

Hunian yang akrab dengan mahasiswa ini menjadi rumah kedua setelah mahasiswa itu memutuskan untuk merantau dan mengenyam pendidikan tinggi di luar kota.

Salah satu kawasan yang banyak dijumpai bangunan indekos, adalah kawasan pendidikan Jatinangor di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Di kawasan Jatinangor bangunan indekos banyak disewa oleh beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi, yaitu Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin), dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Tipe indekos yang berada di kawasan Jatinangor ini beragam, mulai dari berfasilitas standar dengan harga mulai Rp 5 Juta - Rp 10 juta, bahkan ada pula indekos ekslusif yang menawarkan harga hingga Rp 30 juta setiap tahunnya.

Mungkin bagi sebagian mahasiswa rantau, harga sewa indekos hingga Rp 30 Juta setiap bulannya adalah sesuatu yang mahal, karena nominal sebesar itu mampu membayar sewa indekos standar selama menempuh pendidikan normal, yakni empat tahun.

"Kamar kos saya, satu tahunnya itu hanya Rp 6 juta, kalau Rp 30 juta mungkin untuk selama waktu kuliah di Jatinangor," Kata Rizki Ardian (20), mahasiswa Fakultas Peternakan Unpad, kepada Tribun Jabar, beberapa waktu lalu.

Kenaikan Gaji PNS Januari-April Akan Cair Bulan Ini, Ini Besaran Gaji PNS Golongan I, II, III dan IV

Kondisi tersebut justru tidak dirasakan Joey Cellyn (18), mahasiswa Jurusan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) asal Jakarta yang menyewa kamar indekos di Amanda Hill Pad Jatinangor, Jalan Cikuda, Desa Cileles, Kecamatan Jatinangor.

Untuk harga sewa indekos Amanda Hill Pad Jatinangor ini, Joey mengeluarkan uang Rp 25 juta selama satu tahun, untuk menggunakan kamar bertipe standar dua atau biasa disebut type C.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved