Meski Saldo Sudah Terisi, Belum Banyak Petani yang Beli Pupuk Pakai Kartu Tani

Kartu Tani belum juga digunakan para petani meski saldonya sudah terisi.

Meski Saldo Sudah Terisi, Belum Banyak Petani yang Beli Pupuk Pakai Kartu Tani
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Karyawan Toko Tani Jaya saat mencoba menggesek Kartu Tani ke mesin EDC. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Toko Tani di Kota Cimahi yang terdapat mesin Electronic Data Capture (EDC) hingga saat ini belum dimanfaatkan oleh petani untuk membeli pupuk bersubsidi menggunakan Kartu Tani.

Padahal sejak 1 April 2019, 459 dari total 644 Kartu Tani yang sudah diserahkan kepada petani sudah diisi kuota pupuk bersubsidi, sehingga sudah bisa digunakan oleh petani di Kota Cimahi.

Pemilik Toko Tani Jaya, James Hermawan, mengatakan, belum dimanfaatkannya Kartu Tani untuk membeli pupuk bersubsidi di tokonya itu karena hingga saat ini masih banyak petani yang belum mengerti cara penggunaannya.

"Kalau mesin EDC dari dulu sudah ada, tapi petani yang datang ke sini menggunakan Kartu Tani untuk membeli pupuk masih jarang," ujarnya saat ditemui di tokonya, Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi, Selasa (2/4/2019).

Menurutnya, faktor banyaknya petani yang belum mengerti penggunaan Kartu Tani tersebut lantaran kurangnya sosialisasi dari pihak terkait, sehingga penggunakan Kartu Tani yang digesek ke mesin EDC itu penggunaannya belum jelas.

"Petani yang datang ke sini membawa Kartu Tani masih awam, padahal sama kita tinggal gesek saja ke EDC. Tapi mereka masih bingung apakah hanya seperti itu atau nambah lagi uang," katanya.

Ia menambahkan, para petani yang datang ke tokonya pun hanya sebatas menanyakan saja fungsi saldonya dalam Kartu Tani tersebut ketika membeli membeli pupuk bersubsidi.

"Bahkan pas kita coba digesek pun masih belum bisa jalan, padahal informasinya sudah bisa digunakan karena sudah ada saldonya," ucapnya.

Pemkot Cimahi Beli 58 Motor dan 50 Gerobak Sampah Seharga Rp 2,43 Miliar

Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Jalan Dustira Kota Cimahi Diberlakukan, Jadi Lebih Lancar

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved