BREAKING NEWS : Saat Udin Asyik Nonton Televisi, Tiba-tiba Tebing Longsor Bergemuruh Hantam Rumahnya

di wilayah Kabupaten Bandung Barat mengakibatkan tebing di Kampung Cijenjing RT 04/22, Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, longsor

BREAKING NEWS : Saat Udin Asyik Nonton Televisi, Tiba-tiba Tebing Longsor Bergemuruh Hantam Rumahnya
Tribunjabar/Nandri Prilatama
Tebing longsor menghantam rumah Udin di Kampung Cijenjing RT o4/22, Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PADALARANG - Curah hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kabupaten Bandung Barat mengakibatkan tebing di Kampung Cijenjing RT 04/22, Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, longsor.

Longsor terjadi pada Senin (1/4/2019) pukul 22.00 WIB. Satu rumah rusak berat dan dua rumah lainnya terancam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat, Duddy Prabowo melalui petugas lapangan BPBD, Rudi Wibiksana mengatakan pihaknya bersama aparat kewilayahan baik Babinsa, Desa, maupun Koramil serta warga telah melakukan tindakan untuk mengantisipasi bahaya yang lebih besar.

"Longsor ini mengakibatkan satu rumah milik Pak Udin (40) yang di dalamnya ada empat orang rusak berat dan telah mengungsi," katanya di lokasi, Selasa (2/4/2019).

Sementara itu, Udin (40) mengaku saat longsor terjadi ia tengah menonton televisi sendirian, karena istrinya tengah bekerja dan anak-anaknya sedang di rumah neneknya.

"Awalnya saya mendengar gemuruh air dan pukul 19.30 WIB longsoran pun menjebol bagian kamar saya. Saya langsung ke luar rumah," katanya.

Basarnas Pastikan Tak Ada Korban Jiwa dalam Musibah Banjir di Cijambe, Semua Korban Sudah Dievakuasi

Berdasarkan pantauan di lokasi, tebing yang longsor setinggi 20 meter dan menjebol kamar Udin selebar 3 meter. Sejumlah material seperti bronjong, tanaman bambu dan tanah tampak menjebol rumah Udin.

Tetangga Udin, Agus Saripudin (33) yang rumahnya pun terancam karena posisi rumahnya ada di bagian atas rumah Udin, mengatakan dua tahun lalu longsor serupa pernah terjadi, hanya tak menimpa rumah.

Menurutnya, longsor ini diakibatkan saluran air yang tidak berfungsi dengan baik sehingga air pun mengalir ke saluran yang tidak semestinya dan merembes ke tebing atas rumah Udin.

"Saya khawatir saat hujan turun, ditambah khawatir oleh pohon jati takut saat hujan dan angin besar tumbang menimpa rumah saya," ujarnya, seraya mengatakan ia tinggal bersama ibunya.

JADWAL KAMPANYE Jokowi ke Sumsel dan Jateng, Prabowo Subianto ke Padang

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved