Atasi Soal Banjir, Oded Akan Terus Lakukan Koordinasi Lintas Wilayah dengan Para Bupati dan Gubernur

Wali Kota Bandung, Oded M Danial akan melakukan koordinasi lintas wilayah dengan seluruh kepala daerah di Bandung Raya

Atasi Soal Banjir, Oded Akan Terus Lakukan Koordinasi Lintas Wilayah dengan Para Bupati dan Gubernur
Tribun Jabar/Cipta Permana
Wali Kota Bandung, Oded M Danial bersama para kepala dinas SKPD Pemkot Bandung, meninjau lokasi terdampak banjir di SDN 106 Ajitunggal Cijambe, Kelurahan Pasir Endah, Ujungberung, Kota Bandung, Selasa (2/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wali Kota Bandung, Oded M Danial akan melakukan koordinasi lintas wilayah dengan seluruh kepala daerah di Bandung Raya, terkait pembahasan berbagai hal, salah satunya masalah banjir yang kerap melanda wilayah timur Kota Bandung.

Terlebih selama ini, menurutnya musibah bencana banjir yang terjadi di sejumlah titik, termasuk timur Kota Bandung tidak lepas dari kondisi yang kini terjadi di wilayah lain.

"Untuk banjir Ujungberung, kita harus koodinasi dengan lintas wilayah. Dan saya sudah ngobrol dengan Pak Dadang Naser (Bupati Bandung)," ujarnya seusai meninjau banjir di Kelurahan Pasirendah, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Selasa (2/4/2019).

Oded mengatakan selain berkoordinasi dengan para kepala daerah lintas wilayah Bandung Raya, ia juga berharap peran Gubernur Jabar, Ridwan Kamil untuk ikut memberikan solusi terkait permasalahan tersebut, sebab penanganan masalah ini, tidak dapat dilakukan secara parsial.

"Itulah kenapa selama enam bulan menjabat (wali kota), Mang Oded terus melakukan pertemuan dengan kepala daerah lain, dan yang dibicarakan banyak hal secara komprehensif ke depan, karena Bandung Raya ini enggak bisa parsial, harus ada kajian dulu," ucapnya.

Pemkot Bandung Berikan Sejumlah Bantuan bagi Warga Terdampak Banjir Bandang di Kawasan Cijambe

Sementara itu, ia menuturkan, terkait penanganan musibah jebolnya tanggul dari Sungai Cicalobak yang mengakibatkan salah satu bagian ruang SDN 106 Ajitunggal Cijambe rusak berat, akan diutamakan dengan memperbaiki tanggul secara permanen, selain untuk saat ini dilakukan penanganan semetara menutup tanggul yang jebol mengunggakan tumpukan karung pasir.

Meskipun tidak ada korban, Oded mengimbau agar warga lebih berhati-hati, terlebih hujan masih akan terus turun. Pasalnya musibah terjadi ketika ada hujan besar yang berdampak ke daerah bawah apa lagi banjir kiriman yang mesti diwaspadai.

"Mang Oded berharap agar semua pembangunan baik di atas atau di bawah dapat dispilin juga mengikuti aturan dari sisi RTRW dan perizinan. Kalau terus dilakukakan seperti itu maka mudah-mudahan kejadian seperti saat ini bisa diminimalisir," ujar Mang Oded.

Dinas PU Kota Bandung Prediksi Penanggulangan Bencana Banjir Bandang Cijambe Tuntas dalam 2 Hari

Ia pun meminta seluruh dinas terkait, dapat memastikan keberlangsungan aktivitas warga, termasuk memastikan para siswa di SDN 106 Ajitunggal Cijambe tidak terganggu dalam menghadapi ujian sekolah dan Ujian Nasional.

"Disdik dan kepsek sudah koordinasi untuk ke depan kalau bisa direlokasi dulu. Itu yang penting ke sekolah di depannya (SDN 224 Cijambe) yang terdekat dulu," katanya. (Cipta Permana)

KPU Kabupaten Cirebon Klarifikasi Hoaks, Belum Kirim Kotak Suara ke PPK, Ini yang Dikirim Mereka

Kabar Persib Hari Ini, Besok Kembali Berlatih & Radovic Puas, Menilai Batam Luar Biasa

Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved