Pilpres 2019

Terkait Ancaman Amien Rais yang Akan Menggerakkan People Power, Ini Kata Ketua DPR

Hal itu disampaikannya menanggapi pernyataan Amien Rais yang mengatakan akan menggerakkan massa jika terjadi kecurangan di Pemilu 2019.

Terkait Ancaman Amien Rais yang Akan Menggerakkan People Power, Ini Kata Ketua DPR
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Bambang Soesatyo. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan sengketa yang berkaitan dengan Pemilu harus diselesaikan lewat jalur hukum, yakni melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

Bamsoet, panggilan akrabnya meminta elite-elite politik untuk tetap menjaga kondusivitas Pemilu dengan tidak mengeluarkan pernyataan yang memicu kegaduhan.

Hal itu disampaikannya menanggapi pernyataan Amien Rais yang mengatakan akan menggerakkan massa jika terjadi kecurangan di Pemilu 2019.

"Kan sudah ada aturan main sudah ada Undang-Undang-nya yang mengatur soal adanya kecurangan ke MK dan ada upaya-upaya hukum yang lain," ucap Bamsoet di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (1/4/2019).

Mantan Ketua Komisi III DPR RI itu mengimbau agar elite politik dan tokoh nasional untuk bersikap negarawan, bukan membuat suasana politik jelang Pemilu semakin panas.

"Bersikaplah kita semua sebagai negarawan jangan membuat suasana makin panas buat lah suasa teduh dan dingin. Harapan saya kita semua bijaksana dalam mengeluarkan statement, biarlah rakyat sendiri yang menentukan pilihan," pungkas Legislator Golkar itu.

Sebelumnya, Amien Rais mengatakan Apel 313 yang digelar di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (31/3/2019) kemarin untuk mencegah terjadinya kecurangan di Pemilu 2019.

Ketua Dewan Kehormatan PAN itu mengancam akan menggerakkan massa jika terjadi kecurangan di Pemilu 2019.

"Kalau sampai tim kami bisa membuktikan ada kecurangan yang sistematis, terukur dan masif, kami akan bertindak tidak perlu lagu kami datang ke MK. Kami menggerakkan rakyat (people power)," ujarnya.(chaerul umam/tribunnews.com)

Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved