Tapak Kayu, Manfaatkan Limbah Kayu Jadi Produk yang Bernilai Ekonomi

Salah satu hobi yang mulai populer saat ini adalah woodworking atau hobi kayu. Hobi woodworking ini merupaka

Tapak Kayu, Manfaatkan Limbah Kayu Jadi Produk yang Bernilai Ekonomi
Tribunjabar/Putri Puspita Nilawati
Andi Sugiharja hobi woodworking hingga membuat bisnis Tapak Kayu 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Hobi menjadi salah satu cara untuk melepas penat dan kejenuhan dari rutinitas yang biasa dilakukan sehari-hari.

Salah satu hobi yang mulai populer saat ini adalah woodworking atau hobi kayu. Hobi woodworking ini merupakan sebagai kerajinan seni yang menghasilkan berbagai produk atau barang yang dibuat dari bahan kayu.

Woodworking menjadi kegiatan yang menarik dan meningkatkan sejauh mana kreativitas Anda teruji dengan bantuan beberapa alat.

Tak hanya menjadi pelepas penat, woodworking juga menjadi ladang bisnis yang menggiurkan, apalagi untuk bisnis coffee shop atau kafe yang kian menjamur di Bandung.

Andi Sugiharja misalnya, bermula dari hobi akan membuat dekorasi dari bahan kayu, kini Ia mengubah hobinya ini menjadi usaha yang diberi nama Tapak Kayu.

"Waktu itu saya belajar soal hobi kayu besi bersama brotherwood dan sisterwood dan makin kesini jadi keracunin soal kayu. Dari senangnya hobi ini saya keluar kerja dari perusahaan dan sekarang fokus menekuni hobi dan usaha Tapak Kayu, " ujar Andri saat ditemui di acara Pasar Sehat 23 Paskal, Jalan Pasirkaliki No 25-27, Kota Bandung, Minggu (31/3/2019).

Melalui hobi ini, Andri membuat workshop berbagai hal dari bahan kayu yang menghasilkan furniture, wall decor, custom retail, dan workshop pelatihan yang diberikan secara gratis.

Menariknya dari tapak kayu ini adalah Andri memanfaatkan limbah kayu jati Belanda untuk produknya.

Truk Bermuatan Bata Seberat 5 Ton Terguling dan Jatuh di Parit di Gunghalu KBB

"Saya menggunakan kayu bekas palet yaitu alas kayu yang biasanya digunakan untuk packing import luar negeri. Kayunya kita olah dan kasih kesempatan kedua untuk kayu supaya punya fungsi bermanfaat, " ucap Andri.

Halaman
12
Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved