Sejumlah Pengendara Bingung Saat Melintasi Jalan Dustira, dari Rel Gatsu Tak Boleh Belok Kanan

Sejumlah pengendara kebingungan dengan diberlakukannya uji coba rekayasa lalu lintas di sekitar Jalan Dustira.

Sejumlah Pengendara Bingung Saat Melintasi Jalan Dustira, dari Rel Gatsu Tak Boleh Belok Kanan
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Kondisi Lalu Lintas di sekitar Dustira saat diberlakukan sistem satu arah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Sejumlah pengendara mengaku bingung dengan diberlakukannya uji coba rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah di sekitar Jalan Dustira, Kota Cimahi, Senin (1/4/2019).

Masih banyak pengendara, khususnya pengendara dari luar Kota Cimahi, yang belum tahu adanya rekayasa lalu lintas tersebut, terlebih rekayasa ini baru di uji coba selama satu hari.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, sejumlah aparat kepolisian dari Polres Cimahi dan anggota Dinas Perhubungan Kota Cimahi harus berjaga di sekitar lokasi untuk mengarahkan para pengendara agar tidak kebingungan.

Meski membuat pengendara kebingungan, tapi arus lalu lintas di sekitar Jalan Dustira kondisinya terlihat lebih lancar dan tidak ada hambatan yang menyebabkan kemacetan.

Pengendara asal Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Arman (37), mengaku masih bingung dengan adanya rekayasa tersebut karena biasanya ketika melaju dari arah Jalan Gatot Subroto bisa langsung belok kanan ke arah Jalan Dustira.

"Tapi sekarang tidak bisa, untuk menuju Jalan Dustira, harus lurus dulu melewati Jalan Baros. Jadi masih bingung karena belum terbiasa," ujarnya saat ditemui di lokasi.

Namun ia mengaku merasa terbantu dengan adanya petugas kepolisian yang mengatur dan mengarahkan para pengendara ketika rekayasa tersebut mulai diberlakukan.

"Ada petunjuk arah juga, jadi lumayan terbantu. Untuk ke depan pasti terbiasa sehingga pengendara tidak akan kebingungan lagi," ucapnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang, mengakui masih banyak pengendara dari luar Kota Cimahi yang belum mengetahui uji coba rekayasa arus lalu lintas tersebut.

"Nanti itu salah satu evaluasi yang harus kami lakukan dan nanti kita juga akan melengkapi lagi rambu lalu lintas yang harus kita pasang di titik yang membuat pengendara bingung," katanya.

Endang menambahkan, secara keseluruhan arus lalu lintas di sekitar Jalan Dustira dengan diterapkannya rekayasa ini bisa mengurai kemacetan yang biasa terjadi.

Hal senada dikatakan Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Cimahi, Iptu Duddy Iskandar. Menurutnya masih ada pengendara yang bingung karena uji coba rekayasa arus lalu lintas tersebut baru hari pertama.

"Pengendara masih banyak yang meraba-raba dengan rekayasa lalu lintas ini, walaupun sudah diarahkan petugas dan rambu-rambu," ucapnya.

Dalam beberapa hari ke depan pihaknya bersama Dishub Kota Cimahi akan melakukan evaluasi terkait hambatan apa saja yang terjadi setelah uji coba tersebut.

Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Jalan Dustira Kota Cimahi Diberlakukan, Jadi Lebih Lancar

Daerah Pinggiran Cimahi Belum Tersentuh Sosialisasi Pemilu, KPU Akan Kerahkan Relawan Demokrasi

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved