Pemkot Cimahi Beli 58 Motor dan 50 Gerobak Sampah Seharga Rp 2,43 Miliar

Pemerintah Kota Cimahi membeli 58 motor sampah dan 50 gerobak sampah untuk mengangkut sampah di setiap RW menggunakan APBD) Tahun Anggaran 2019.

Pemkot Cimahi Beli 58 Motor dan 50 Gerobak Sampah Seharga Rp 2,43 Miliar
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Motor dan gerobak sampah yang dibeli Pemkot Cimahi menggunakan APBD 2019 diparkir di Pemkot Cimahi, Senin (1/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Pemerintah Kota Cimahi membeli 58 motor sampah dan 50 gerobak sampah untuk mengangkut sampah di setiap RW menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Muhammad Ronny, mengatakan, anggaran yang dikucurkan untuk pengadaan dua sarana pengangkut sampah itu mencapai Rp 2,430 miliar.

"Anggarannya Rp 2,230 miliar untuk motor sampah dan Rp 200 juta untuk gerobak sampah," ujarnya saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Senin (1/4/2019).

Pengadaan dua sarana pengangkut sampah yang akan digunakan di lingkungan warga ini, kata Ronny berdasarkan pengajuan dari setiap RW yang ada di Kota Cimahi.

Antisipasi Padam Listrik Saat UNBK, SMAN 3 Cimahi Siapkan Genset dan Kerjasama dengan PLN

Atas hal tersebut, kata dia, nantinya pemeliharaan motor dan gerobak sampah itu akan dilakukan oleh oleh penerimanya karena sudah dihibahkan, sehingga sarana itu menjadi tanggung jawab pihak RW.

"Semoga dengan adanya pengadaan motor dan gerobak sampah ini, pengelolaan sampah di tingkat RW bisa lebih baik lagi, terutama sampah yang di buang dari Kota Cimahi ke TPAS Sarimukti bisa menjadi berkurang," ucapnya.

Selain itu, Ronny juga berharap, dengan adanya motor dan gerobak sampah itu, setiap RW bisa lebih memilah sampah karena yang dibuang ke TPA masih banyak dengan jumlah sekitar 220 hingga 240 ton per hari.

Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Jalan Dustira Kota Cimahi Diberlakukan, Jadi Lebih Lancar

Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna, mengatakan bantuan motor dan gerobak sampah tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan sampah kepada masyarakat Kota Cimahi.

"Sehingga tidak ada lagi alasan hambatan prasana seperti yang dikeluhkan masyarakat selama ini," katanya.

Ia mengatakan, bantuan tersebut akan diberikan secara bertahap agar semua wilayah di Kota Cimahi bisa mendapat bantuan yang sama.

"Tapi bantuan ini harus dirawat dan dipelihara dengan baik agar bisa berumur panjang," ucapnya.

Supardi Sebut Kekeluargaan di Skuat Persib Bandung Terbangun Selama TC di Batam

Sosok Nikita Mirzani yang Kontroversial, Dijuluki Si Ratu Nyinyir, Disebut Juga Alami Gangguan Jiwa

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved