Kecanduan Internet Bisa Akibatkan Depresi, Ini Terungkap di Seminar Bahaya Laten Kecanduan Internet

Internet juga bisa memberikan dampak terhadap kesehatan jiwa penggunanya jika tidak bisa memanfaatkannya dengan pola yang seimbang dan . . .

Kecanduan Internet Bisa Akibatkan Depresi, Ini Terungkap di Seminar Bahaya Laten Kecanduan Internet
Istimewa
Seminar bertajuk Bahaya Laten Kecanduan Internet - Bijk Menggunakan Internet, dalam rangka memperingati HUT 45 Tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia di Gedung Rumah Sakit Pendidikan Unpad Jalan Eijkman No 38 Bandung, Minggu (31/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Internet merupakan salah satu bentuk evolusi perkembangan komunikasi dan teknologi yang berpengaruh pada umat manusia.

Salah satu akibat hadirnya internet adalah perubahan signifikan dalam pola interaksi sosial primer antar individu.

Namun internet juga bisa memberikan dampak terhadap kesehatan jiwa penggunanya jika tidak bisa memanfaatkannya dengan pola yang seimbang dan sesuai porsi.

Hal ini menjadi sorotan Dewan Pengurus Komisariat PPNI STIKep PPNI Jawa Barat yang menyoroti soal kecanduan internet dalam seminar bertajuk “Bahaya Laten Kecanduan Internet”.

Menurut salah seorang pembicara, Prof Suryani SKp MHSc PhD (Guru Besar Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran), kecanduan internet bisa berdampak langsung terhadap kejiwaan.

Menurut Suryani, dengan internet, percakapan konvensional seperti tatap muka telah digantikan peranannya dengan internet message, video call dan social media. Hal ini dimungkinkan karena kekurangan-kekurangan yang dimiliki komunikasi konvensional seperti jarak dan waktu dapat ditutupi oleh internet.

"Kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh internet secara tidak langsung menyebabkan individu memiliki tingkat kecanduan terhadap internet yang tinggi dan cenderung menunjukkan gejala kecanduan atau addict (Young & de Abreu, 2011)," kata Suryani dalam seminar yang digelar di Gedung RS Pendidikan Unpad Jalan Eijkman No 38 Bandung, melalui rilis yang diterima Tribunjabar.id, Senin (1/4/2019).

Suryani menyebutkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa kecanduan internet dapat menimbulkan perilaku psikopatologis.

Penelitian yang dilakukan Ayas & Mehmet, 2007, juga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kecanduan internet terhadap depresi dan kesendirian serta kurangnya korelasi antara kecanduan internet dengan self-esteem.

Halaman
12
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved