April Peralihan Musim Hujan ke Musim Kemarau, BMKG Imbau Waspada El Nino

Warga Kota Bandung dan sekitarnya harus meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas. Pasalnya, kini mulai peralihan dari musim penghujan

April Peralihan Musim Hujan ke Musim Kemarau, BMKG Imbau Waspada El Nino
Tribun Jabar/Tarsisius Sutomonaio
Ilustrasi cuaca pancaroba 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga Kota Bandung dan sekitarnya harus meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas. Pasalnya, kini mulai peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas I Bandung, Tony Agus Wijaya mengatakan, kini di Bandung dan sekitarnya masih dalam musim hujan. Diperkirakan musim kemarau pada awal bulan Mei 2019.

"Bulan April adalah masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, atau masa pancaroba," ujar Tony, saat dihubungi Tribun Jabar, melalui ponselnya, di Kota Bandung, Senin (1/4/2019).

Tony mengatakan saat masa pancaroba potensi terdapatnya awan Cumulonimbus (CB) lebih meningkat. Sehingga cuaca mudah berubah dalam satu harinya.

"Pagi cerah, siang terbentuk awan CB yang menyebabkan terjadi hujan lebat, durasi singkat kurang dari satu jam, dalam skala lokal, angin kencang dan petir," katanya.

Tetapi apabila awan CB yang berlapis tinggi, menurutnya bisa berpotensi menyebabkan hujan es dalam skala lokal.

Dinding Rumah Milik Ujang Dadan di Cisitu Sumedang Jebol Tertimpa Longsor

BMKG mengimbau warga agar mengantisipasi terhadap El Nino yakni peristiwa saat suhu laut di laut Samudra Pasifik Timur lebih panas, sehingga uap air di Indonesia berkurang.

"Menyebabkan kemarau lebih kering dibandingkan normalnya," ujarnya.

Sementara itu, untuk pengurangan risiko, BMKG menyarankan agar warga memperhatikan lingkungan sekitar. Dengan cara sederhana.

"Membersihkan saluran air, memangkas cabang pohon rimbun atau lapuk, memperkuat atap rumah dan benda yang mudah tertiup angin. Hemat air, dan membuat daerah resapan air hujan atau biopori," ujarnya.


Penulis: Ery Chandra
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved