Daerah Pinggiran Cimahi Belum Tersentuh Sosialisasi Pemilu, KPU Akan Kerahkan Relawan Demokrasi

Daerah pinggiran Kota Cimahi belum tersentuh sosialisasi Pemilu. KPU akan kerahkan Relawan Demokrat. "Mumpung masih ada kontrak."

Daerah Pinggiran Cimahi Belum Tersentuh Sosialisasi Pemilu, KPU Akan Kerahkan Relawan Demokrasi
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Daerah pedalaman Cimahi, Kampung Lebak Saat, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Daerah pedalaman atau daerah pinggiran Kota Cimahi hingga saat ini belum tersentuh oleh Relawan Domokrasi yang telah dikontrak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi.

Ada 55 orang Relawan Demokrasi yang telah dikontrak KPU Kota Cimahi selama 3 bulan, sejak Februari hingga April 2019 untuk membantu KPU melakukan sosialisasi seputar Pemilu serentak 2019 terhadap masyarakat.

Ketua KPU Kota Cimahi, Mochamad Irman, mengaku, sejak awal pihaknya sudah pernah mengarahkan Relawan Demokrasi tersebut untuk melakukan sosialisasi seputar pemilu ke masyarakat yang ada di daerah pinggiran.

"Ada (arahan), tapi belum tersentuh (sosialisasi), tapi masih ada waktu untuk sosialisasi ke daerah yang terpinggirkan," ujar Irman saat dihubungi Tribun Jabar, melalui sambungan telepon, Minggu (31/3/2019).

Menurut Irman, belum tersentuhnya daerah pinggiran tersebut karena tugas mereka dalam melakukan sosialisasi ada yang terlewat, sehingga pihaknya akan segara menugaskan mereka untuk sosialisasi ke daerah pedalaman.

"Nanti saya tugaskan Relawan Demokrasi sosialisasi ke daerah pedalaman, mumpung kontraknya belum habis, masih ada waktu. Kontrak mereka habisnya tanggal 14 April," katanya.

Menurut Caleg dari Partai Demokrat, Edi Kanedi, KPU Kota Cimahi terlalu mengandalkan Relawan Demokrasi yang hanya menyentuh kelompok atau komunitas tertentu dalam melakukan sosialisasi.

"Jadi dampak dari sosialisasi yang dilakukan KPU Kota Cimahi ini belum ada karena sosialisasinya belum menyeluruh. Dampaknya sampai sekarang belum terasa," ujar Edi, belum lama ini.

Caleg dari Partai NasDem, Enang Sahri, menyayangkan masih minimnya sosialisasi terkait Pemilu, terutama informasi tentang tata cara pencoblosan.

"Kebanyakan masyarakat tahu tentang Pemilu itu bukan dari KPU Kota Cimahi, tapi dari masyarakat lainnya. Saya denger belum ada sosialisasi dari KPU," katanya.

Menurutnya, KPU Kota Cimahi terlalu mengandalkan media sosial (medsos), bukan turun ke lapangan dalam melakukan sosialisasi tersebut, padahal belum tentu semua masyarakat itu melek informasi terkait pemilu melalui medsos.

Sosialisasi Pemilu 2019 oleh KPU Kota Cimahi Belum Maksimal, Terutama Daerah Pinggiran

Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Disosialisasikan di Leuwi Gajah Cimahi

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved