Layani Jamaah Haji, Kementerian Agama Berinovasi dan Mudahkan Birokrasi Jamaah

Para jamaah haji Indonesia yang berangkat ke tanah suci Arab Saudi telah disiapkan sejumlah inovasi bagi oleh pihak Kementerian agama (Kemenag).

Layani Jamaah Haji, Kementerian Agama Berinovasi dan Mudahkan Birokrasi Jamaah
Capture Youtube
ilustrasi ibadah haji 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Para jamaah haji Indonesia yang berangkat ke tanah suci Arab Saudi telah disiapkan sejumlah inovasi bagi oleh pihak Kementerian agama (Kemenag).

Seperti halnya yang dikatakan oleh Kepala Kantor Kemenag Purwakarta, Tedi Ahmad Junaedi, saat ditemui oleh Tribun Jabar di kantornya, Nagri Tengah, Purwakarta.

Menurutnya, baru tahun ini diberlakukan zonasi kawasan bagi jamaah haji untuk tinggal sementara saat melakukan proses ibadah haji.

"Zonasi itu misalnya bagi jemaah haji dari Purwakarta, disana pasti tinggal di wilayah jemaah haji dari Jawa Barat. Tidak digabungkan dengan wilayah lain, bahkan oleh jemaah beda negara," kata Tedi kepada Tribun Jabar, Selasa (26/3/2019).

Dalam Lima Tahun, AS Kirim Astronot Pria dan Wanita ke Bulan

Videonya Viral, Vincentia Tiffani Klarifikasi Soal Siap Jadi Istri Kedua Sandiaga, Begini Katanya

Kata Tedi, inovasi itu adalah yang pertama kali dilakukan. Ia menjelaskan bahwa tujuan diberlakukannya zonasi untuk memudahkan koordinasi.

Koordinasi yang dilakukan antara petugas, seperti petugas kloter, sektor, dan daerah kerja (Daker), dianggap akan lebih mudah.

Apalagi jika adanya jemaah yang terpisah dari rombongan atau nyasar saat proses ibadah haji, petugas akan mudah mengembalikannya ke kelompoknya.

"Karena zonasi ini akan memudahkan menemukan sebuah kelompok haji, karena berada di satu daerah yang berdekatan. Kalau mencar-mencar kelompok antar daerah, kan cukup kesulitan carinya," ujar dia.

Inovasi lain pun telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, seperti pada saat pengecekan biometrik jemaah haji.

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved