Sejarah Bencana

Hari Ini 10 Tahun Silam Situ Gintung Jebol

Sebanyak 100 orang tewas dalam peristiwa yang terjadi 10 tahun silam itu. Tanggul yang bobol selebar 30 meter dengan ketinggian 6 meter.

Hari Ini 10 Tahun Silam Situ Gintung Jebol
tribunnews

SITU Gintung semula hanya dikenal masyarakat Jakarta dan Tangerang sebagai salah satu tempat wisata alam dengan pemandangan danau. Namun perisitiwa bobolnya tanggul di danau tersebut pada pagi buta, 10 tahun silam membuat danau buatan penjajah Belanda itu terkenal ke seluruh Indonesia.

Letak danau ini dekat perbatasan Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan, yaitu di Cirendeu, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, tepatnya di belakang kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Namun pada Jumat, 27 Maret 2009 pagi buta, pukul 04.00, danau yang berkapasitas 2,1 juta liter itu jebol dan airnya menyapu Perumahan Cirendeu Permai, sebagian Kampung Poncol, dan merusak Fakultas Kesehatan dan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Sebanyak 100 orang tewas dalam peristiwa yang terjadi 10 tahun silam itu. Tanggul yang bobol dari danau tersebut selebar 30 meter dengan ketinggian 6 meter.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum saat itu, Djoko Kirmanto, penyebab jebolnya tanggul Situ Gintung karena wilayah itu diguyur hujan lebat sejak Kamis (263/2009) siang hingga malam. Hal ini diperparah dengan erosi pada tanggul situ tersebut karena tanggul masih terbuat dari tanah.

Situ Gintung merupakan waduk yang berfungsi sebagai tempat penampungan air hujan untuk perairan ladang pertanian di sekitarnya. Waduk ini dibuat Belanda tahun 1932-1933 dengan luas awal 31 hektare. Kapasitas penyimpanan air 2,1 juta meter kubik. Danau ini adalah bagian dari daerah aliran Sungai Cisadane.

Di tengah-tengah situ terdapat sebuah pulau kecil yang menyambung sampai ke tepi daratan seluas kurang lebih 1,5 hektare yang bernama Pulau Situ Gintung. (adityas a a)

Penulis: Adityas Annas Azhari
Editor: Adityas Annas Azhari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved