Teknologi

Teknologi ATM Beras Buatan Alumni ITB, Begini Cara Kerjanya [VIDEO]

ATM Beras mengeluarkan beras dalam jumlah tertentu secara otomatis. Cara kerjanya menempelkan kartu elektronik yang telah diprogram secara RFID (Radi

ATM BERAS untuk kaum dhuafa ini adalah buatan Alumni Tekno Elektro ITB 1980, Budi Adji.

ATM Beras ini sangat mirip dengan mesin ATM biasa, memiliki ukuran sekira panjang 60 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 160 cm, berbentuk kotak seperti lemari ditempatkan di pelataran Masjid Salman ITB Kota Bandung.

Romi Hardiansyah (28) Manager Oprasional Rumah Amal Salman ITB, mengatakan ATM Beras ini diperuntukkan bagi masyarakat dhuafa yang telah terdaftar menerima manfaat beras dari Rumah Salman ITB.

"Beras sebagai bahan pokok, karena pula melalui ATM Beras tersebut demikian pendistribusian atau penerimaan beras terbilang mudah," ujar ujar Romi Hardiansyah (28) Manager Oprasional Rumah Amal Salman ITB, kepada Tribun Jabar saat ditemui di Masjid Salman ITB, Selasa (26/3/2019).

ATM Beras ini telah dilengkap dengan perangkat elektronik dengan sistem kontrol dan pemantauan berbasis M2M (machine to machine) atau IoT (Internet of Things).

ATM Beras mengeluarkan beras dalam jumlah tertentu secara otomatis.

Cara kerjanya menempelkan kartu elektronik yang telah diprogram secara RFID (Radio Frequency Identification).

Setiap penerima manfaat ATM beras memiliki kartu elektronik tersebut yang telah terprogram dan teridentifikasi, status kepemilikannya.

Setiap kartu terdapat nomor unik untuk mengindentifikasi data diri dari penerima manfaat yang bersangkutan.

"Semua data telah direcord di server, bahwa penerima dengan nomor sekian dengan data diri demikian, telah memgambil beras tertanggal dan jam tertentu," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Hilda Rubiah
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved