Pengacara Sekda Kabupaten Tasikmalaya Minta Jaksa Masukan Nama Uu Ruzhanul Ulum dalam Tuntutan

Bambang Lesmana SH, penasihat hukum Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Abdulkodir, satu dari sembilan terdakwa kasus korupsi pemotongan

Pengacara Sekda Kabupaten Tasikmalaya Minta Jaksa Masukan Nama Uu Ruzhanul Ulum dalam Tuntutan
Tribunjabar/Mega Nugraha
Sidang korupsi dana hibah Kabupaten Tasikmalaya, terdakwa Abdulkodir 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bambang Lesmana SH, penasihat hukum Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Abdulkodir, satu dari sembilan terdakwa kasus korupsi pemotongan dana hibah bersumber dari APBD Tasikmalaya 2017, meminta jaksa penuntut umum kasus itu untuk mengakomodir peran Uu Ruzhanul Ulum dalam tuntutannya.

"Tuntutan jaksa jelas harus mengakomodir peran Pak Uu karena kesalahan terdakwa ini bukan hanya semata kesalahan terdakwa, tapi ada perintah Pak Uu. Itu harus dipertimbangkan jaksa dalam menuntut. Apalagi, peran Pak Uu terungkap di persidangan," ujar Bambang Lesmana di Kota Bandung, Senin (25/3/2019).

Jaksa menunda sidang pembacaan tuntutan yang seharusnya dibacakan hari ini, Senin (25/3) di Pengadilan Tipikor Bandung hingga pekan depan. Pada persidangan, terungkap peran Uu dalam kasus itu yakni meminta Abdulkodir mencarikan dana untuk membiayai kegiatan Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) dan pembelian hewan qurban. Namun, dua kegiatan itu tidak dianggarkan di APBD Tasikmalaya.

Abdulkodir mengambil jalan pintas dengan memanfaatkan 21 penerima hibah yang masing-masing mendapat dana hibah Rp 100 juta hingga Rp 250 juta. Oleh Abdulkodir dan delapan terdakwa lainnya, memotong 90 persen dana itu sehingga penerima hibah hanya mendapat 10 persen.

Pengamat Unpad : Jangan Percayai Hasil Survei, Didanai untuk Mengarahkan Opini Publik

"Fakta-fakta soal peran Pak Uu itu harus dimasukan ke pertimbangan dalam tuntutan dan putusan. Karena kalau orang diperintah itu kan harusnya ada membuka kebenaran harus diperiksa," ujar Bambang.

Uu sendiri sudah dipanggil oleh pengadilan untuk dimintai keterangan terkait fakta-fakta sidang yang mengungkap peran Uu. Hanya saja, Uu tidak datang.

"Seharusnya Pak Uu datang supaya dia membela diri tidak melakukan. Dengan tidak datang hak dia membela tidak ada. Dan secara otomatis membenarkan. Nah pembenaran itu akan dijadikan pembelaan," ujar dia.

Prabowo Siang Ini Kampanye di Lapangan Mandala Merauke Papua, Lanjut ke Wilayah Basis Jokowi

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved