Artidjo Alkostar Pensiun, OC Kaligis Pun Kembali Ajukan PK ke Mahkamah Agung

Otto Cornelis Kaligis alias OC Kaligis mengungkapkan alasan mengapa mengajukan peninjauan kembali (PK) kasusnya ke Mahkamah Agung (MA)

Artidjo Alkostar Pensiun, OC Kaligis Pun Kembali Ajukan PK ke Mahkamah Agung
Tribun Jabar/Ery Candra
Terpidana kasus suap, OC Kaligis, seusai peluncuran ketiga bukunya, di Lapas Sukamiskin, Jalan A.H. Nasution No.114, Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (30/1/2018). 

TRIBUNJABAR.ID - Otto Cornelis Kaligis alias OC Kaligis mengungkapkan alasan mengapa mengajukan peninjauan kembali (PK) kasusnya ke Mahkamah Agung (MA).

Menurut OC Kaligis, upaya PK kedua tersebut diajukan karena sudah tidak ada Artidjo Alkostar, mantan hakim agung itu kini sudah pensiun.

"Sekarang sudah tidak ada," kata OC Kaligis, ditemui di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Senin (25/3/2019).

Dia menilai, putusan Artidjo Alkostar tidak mengacu pada fakta hukum.

"Artidjo tidak pernah mau melihat fakta hukum dan artinya mengenai undang-undang yang berlaku, dia enggak pernah. Jadi sekarang banyak PK yang turun setelah, Pak Artidjo putusannya amburadul nih," kata dia.

Para ahli hukum, kata dia, juga sudah menyoroti mengenai putusan Artidjo Alkostar.

"Bukan cuma saya yang katakan, Ketua MK, Hamdan Zoelva mengatakan ada 17 putusan Artidjo Alkostar yang mesti di eksaminasi, Yusril juga mengatakan demikian, semua ahli mengatakan putusan Artidjo tidak punya kualitas hukum, itu saja," tambahnya.

Sebelumnya, OC Kaligis mengajukan upaya hukum peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA), pada Senin (25/3/2019). PK dilayangkan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Miljan Radovic Jilat Ludah Sendiri, Pemain Ini Tak Dibawa ke Batam, yang Tak Diboyong Terancam

Terpidana kasus suap majelis hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan itu mengajukan PK, karena ingin bebas dari jeratan hukum. Ini merupakan upaya pengajuan PK kedua.

MA menerima PK yang diajukan sehingga memotong pidana penjara yang semula 10 tahun menjadi 7 tahun. Pertimbangan PK itu dikabulkan karena OC Kaligis dinilai sudah berusia lanjut. Namun, dia menilai, putusan PK pertama dijatuhkan MA belum memenuhi harapan.

Halaman
12
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved