Usai Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, KPU Cimahi Temukan Catatan yang Perlu Dievaluasi

KPU Kota Cimahi telah melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara untuk pelaksanaan Pemilihan Umum 2019(Pemilu 2019).

Usai Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, KPU Cimahi Temukan Catatan yang Perlu Dievaluasi
Istimewa
Simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara di Kota Cimahi, Sabtu (23/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi telah melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara untuk pelaksanaan Pemilihan Umum 2019 ( Pemilu 2019).

Simulasi yang digelar di Halaman Kantor Kecamatan Cimahi Tengah, pada Sabtu (23/3/2019) itu melibatkan sebanyak 265 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang harus mencoblos lima jenis surat suara Pilpres, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Cimahi.

Simulasi tersebut dilakukan layaknya pelaksanaan pencoblosan maupun penghitungan surat suara yang sebenarnya agar saat pelaksanaan pencoblosan pada 17 April 2019 nanti bisa berjalan lancar.

Ketua KPU Kota Cimahi, Mochmad Irman, mengatakan, simulasi pemungutan surat suara tersebut dilaksanakan sejak pagi hingga sore hari yang dimulai dari melakukan pemeriksaan, penyesuaian KTP dan formulir C6 kepada para pemilih yang hadir.

"Setelah itu selesai kami juga melakukan simulasi penghitungan surat suara yang dilaksanakan pada malam hari. Alhamdulillah tidak ada kendala semuanya berjalan lancar," ujar Irman saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Minggu (24/3/2019).

Butuh Waktu 5 Menit untuk Coblos dan Lipat Surat Suara, KPU Akan Makin Gencar Sosialisasi

Namun, kata Irman, dalam pelaksanaan pemungutan surat suara tersebut masih ada sejumlah catatan yang harus dilakukan evaluasi oleh pihak anggota KPU Kota Cimahi.

"Catatan itu di antaranya ada sebagian pemilih yang masih lama ketika berada di dalam bilik suara terutama saat melipat surat suara," katanya.

Begitupun dengan simulasi penghitungan surat suara yang dilakukan oleh pihak pantia yang dilakukan pada malam hari.

Menurut dia, penghitungan surat suara pun masih ada sejumlah catatan.

"Sehingga dengan diadakannya simulasi tersebut bisa menjadi bahan evaluasi bagi kami, apa saja yang harus diperbaiki," katanya.

Usai Latihan Terakhir Sebelum TC, Radovic Bicara Soal Pertandingan Persib di Batam dan Setelahnya

Heboh di Medsos, Penumpang Bergelantungan di MRT Jakarta dan Makan Lesehan di Stasiun

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved