Sebulan Jelang Pemilu 2019, Masih Ada Warga Cimahi Bingung Cara Mencoblos

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi bakal meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait pencoblosan menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.

Sebulan Jelang Pemilu 2019, Masih Ada Warga Cimahi Bingung Cara Mencoblos
Tribunnews
Ilustrasi pemilu 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi bakal meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait pencoblosan menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.

Pasalnya, setelah melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara, pada Sabtu (23/3/2019) masih ada warga Kota Cimahi yang kebingungan cara mencoblos.

Ketua KPU Kota Cimahi, Mochamad Irman, mengakui saat simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara tersebut masih ada pemilih yang lama ketika berada di bilik suara.

"Itu yang masih kami akan pikirkan, bagaimana caranya agar pemilih tidak kebingungan saat melakukan pencoblosan. Tapi Untuk sosialisasi pasti akan terus kami lakukan," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Minggu (24/3/2019).

Usai Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, KPU Cimahi Temukan Catatan yang Perlu Dievaluasi

Butuh Waktu 5 Menit untuk Coblos dan Lipat Surat Suara, KPU Akan Makin Gencar Sosialisasi

Para pemilih tersebut, kata Irman, kesulitan dan bingung karena selain ada lima jenis surat suara yang harus dicoblos, ada juga surat suara yang berukuran besar dan lebar.

Atas hal tersebut, menurut dia, mereka kesulitan ketika melipat surat suara yang berukuran besar dan lebar tersebut, tepatnya setelah melakukan pencoblosan.

"Masih ada waktu untuk melakukan sosialisasi agar pemilih tidak bingung dalam pemungutan suara nanti," katanya.

Sementara dalam simulasi, KPU Kota Cimahi melibatkan sebanyak 265 DPT. Mereka mencoblos lima jenis surat suara Pilpres 2019, DPR RI, DPD RI, DPRD Jabar, dan DPRD Kota Cimahi.

Beberapa Kerawanan Pemilu yang Ditemukan KPU Provinsi Jawa Barat, Sudah Diantisipasi

Gelar Simulasi Segmen Pedesaan, KPU Purwakarta Jadi Tahu Pemilih Datang Lebih Awal, Jam 10 TPS Penuh

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved