Farhan: Sepak Bola dan Persib Bandung Harus Jadi Pendorong Peningkatan Kualitas Olahraga Jabar

Farhan menyebut Persib Bandung harus menjadi motor bagi masyarakat dan seluruh stakeholder untuk ikut mengembangkan sepak bola di Tanah Air

TRIBUNJABAR.CO.ID/ERY CHANDRA
Bakal Calon Wali Kota Bandung, Muhammad Farhan berpose usai silahturahmi di Kantor Tribun Jabar, Jalan Sekelimus Soekarno Hatta, Bandung, Rabu (5/7/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Politisi Partai NasDem, Muhammad Farhan, mengatakan Jawa Barat merupakan provinsi dengan masyarakatnya yang memiliki kecintaan yang tinggi akan sepak bola.

Oleh karena itu, diperlukan pembinaan mulai dari tingkat dasar, untuk dapat menghasilkan bibit-bibit pesepak bola yang berkualitas.

Farhan mengatakan sekolah sepakbola (SSB) di wilayah Jawa Barat juga harus menjadi jantung untuk menghasilkan pemain-pemain terbaik. Bukan hanya di tingkat nasional tapi diharapkan dapat masuk ke kancah internasional.

Sepak bola, katanya, menjadi olahraga dan hiburan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Penting bagi semua pihak untuk ikut andil dalam meningkatkan kualitas persepakbolaan di Indonesia. Mulai dari pemain, klub, stadion, hingga event-event yang menarik.

"Bagi saya yang terpenting adalah memastikan Jawa Barat sebagai salah satu lumbung bakat sepak bola terbaik di Indonesia," ujar Farhan, Sabtu (23/3/2019).

Caleg dari dapil Jabar I (Kota Bandung dan Kota Cimahi) itu menyebut Persib Bandung harus menjadi motor bagi masyarakat dan seluruh stakeholder untuk ikut mengembangkan sepak bola di Tanah Air.

"Pada saat bersamaan kita juga mendorong asprov Jabar agar berperan lebih di PSSI," harapnya.

Gol Telat Vietnam Pastikan Timnas U-23 Indonesia Gagal ke Piala Asia U-23

321 Komunitas Otomotif di Jawa Barat Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2019

Menurutnya, masih ada sejumlah kendala dalam mengembangan sepak bola, baik di tingkat daerah maupun nasional. Salah satunya adalah infrastruktur lapangan.

Perlu disiapkan infrastruktur yang baik dan memadai, yang memiliki nilai tambah untuk perkembangan sepakbola, dan manfaat lain bagi masyarakat.

"Infrastruktur lapangan sepak bola yang bagus untuk latihan, pertandingan, dan rekreasi harus terpisah. Harus dibangun oleh pemprov atau pemerintah kabupaten kota," ujarnya.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kualitas SDM dari para pelatih dan wasit. Ini seratus persen tanggungjawab dari PSSI sampai ke asosiasi kota kabupaten.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Umum Viking, kelompok pendukung klab sepakbola Persib, Heru Joko. Menurutnya, hal yang perlu dibenahi dan ditingkatkan, mulai dari fasilitas seperti lapangan, sekolah sepakbola, hingga event-event.

Hal itu, kata dia, menjadi perhatian utama dari pemerintah provinsi. Apalagi, masyarakat Jawa Barat sangat menyukai sepak bola.

4 Keuntungan Persib Bandung Rekrut Fabiano Beltrame, Bek Andal Bercita Rasa Striker, Pemain Sopan

Komentar Fabiano Beltrame Soal Agenda Persib Bandung Gelar Pemusatan Latihan di Batam

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved