Gelar Simulasi Segmen Pedesaan, KPU Purwakarta Jadi Tahu Pemilih Datang Lebih Awal, Jam 10 TPS Penuh

Gelar simulasi segmentasi pedesaan, KPU Purwakarta jadi tahu pemilih datang lebih awal. Jam 10 TPS penuh.

Gelar Simulasi Segmen Pedesaan, KPU Purwakarta Jadi Tahu Pemilih Datang Lebih Awal, Jam 10 TPS Penuh
Tribun Jabar/Haryanto
Seorang warga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara dalam proses simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu serentak 2019 di Desa Tanjung Sari, Pondok Salam, Purwakarta, Sabtu (23/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - KPU Purwakarta menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilu Serentak 2019 di Desa Tanjung Sari, Pondok Salam, Purwakarta.

Di desa tersebut, tepatnya di TPS 13, dipilih KPU Purwakarta menjadi tempat simulasi pemilu karena wilayah Purwakarta masuk pada segmen pemilih pedesaan.

Ketua KPU Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturahman, mengatakan simulasi yang digelar saat ini adalah uji coba dan contoh bagi wilayahnya nanti.

"Kebetulan Kabupaten Purwakarta segmennya pedesaan. Karena dari 17 kecamatan di Purwakarta lebih banyak wilayah pedesaannya, salah satunya di sini," kata Ahmad Ikhsan Faturahman saat ditemui di sela kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu serentak 2019, Sabtu (23/3/2019).

Ia menambahkan tidak hanya Kabupaten Purwakarta yang masuk pada segmen pemilih pedesaan.

Ada beberapa daerah lainnya di Jawa Barat yang memiliki segmentasi pedesaan.

Dengan tagline Akur Sauyunan, KPU Provinsi Jawa Barat yang menentukan segmentasi pemilih di setiap kota dan kabupaten.

Segmen-segmen tersebut yaitu segmen pemilih perkotaan, pedesaan, perbatasan, industri, nelayan, mahasiswa, dan marjinal.

"Dibandingkan dengan segmen perbatasan, para pemilih mulai datang ke TPS jam 10-an, tapi kalau segmen pedesaan jam 10 sudah penuh. Bahkan sudah antre dari tadi saat dibuka pukul 07.00 WIB. Jadi hampir kewalahan juga, partisipasi dan antusiasmenya sangat luar biasa," ucap Ahmad Ikhsan Faturahman.

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved