Eddy Soeparno: TKA Harus Dibatasi Agar Lapangan Kerja Diprioritaskan untuk Pekerja Lokal

Eddy Soeparno mengatakan tenaga kerja asing harus dibatasi agar lapangan kerja diprioritaskan bagi pekerja lokal.

Eddy Soeparno: TKA Harus Dibatasi Agar Lapangan Kerja Diprioritaskan untuk Pekerja Lokal
istimewa

TRIBUNJABAR.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno terus mengupayakan agar tenaga kerja lokal menjadi prioritas serapan lapangan kerja.

Eddy menyatakan komitmennya untuk membatasi tenaga kerja asing di Indonesia agar lapangan kerja yang tersedia diperuntukkan bagi tenaga kerja lokal.

"Kita akan membatasi kehadiran tenaga kerja asing di negara kita agar lapangan kerja yang ada untuk warga kita," kata Kang Eddy, Sabtu (23/3/2019).

"Kita tidak bisa asal menerima mereka (tenaga kerja asing). Kalau mau kerja di Indonesia harus dan wajib memiliki keahlian khusus," ujarnya.

Meskipun diperbolehkan, TKA hanya boleh mengisi bagian tertentu dan harus dengan persyaratan khusus, seperti harus mampu berbahasa Indonesia.

TKA juga harus mengajarkan keahliannya kepada tenaga kerja lokal. Hal ini juga demi meningkatkan kompetensi tenaga kerja lokal.

"Tenaga kerja asing yang hadir di sini juga diwajibkan untuk mengajarkan kemampuan mereka ke tenaga kerja kita agar keahlian tenaga kerja kita bertambah," ujarnya.

Di samping itu, Politisi PAN juga merencanakan pelatihan dan pembekalan untuk tenaga kerja lokal. Dengan adanya pelatihan dan pembekalan, diharapkan keahlian tenaga kerja lokal pun dapat meningkat.

"Pelatihan dan pembekalan juga akan kita terus upayakan untuk tenaga kerja kita agar tidak kalah bersaing dan meningkatkan kemampuan mereka," ucapnya.

Editor: taufik ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved