Bahas Meikarta, Dirjen Otda Turun Tangan, Soni: Karena Pemprov Jabar dan Pemkab Bekasi Bersitegang

Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) sempat turun tangan mengurus proyek Meikarta

Bahas Meikarta, Dirjen Otda Turun Tangan, Soni: Karena Pemprov Jabar dan Pemkab Bekasi Bersitegang
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Mantan Dirjen Otda Soni Soemarsono, mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan mantan wakil guberur Jabar Deddy Mizwar hadir sebagai saksi di persidangan kasus suap perizinan Meikarta yang digelar di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (20/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG ‎- Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) sempat turun tangan mengurus proyek Meikarta ketika progresnya mulai menuai masalah karena berkaitan dengan suap terkait perizinan senilai total Rp 16 miliar lebih.

‎Dirjen Otda mulai turun tangan saat Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar meminta Pemkab Bekasi menghentikan sementara proyek prestisius tersebut karena belum melengkapi perizinan.

Dirjen Otda kemudian memanggil Pemprov Jabar, Pemkab Bekasi, dan pengembang Meikarta untuk membahasnya.

Pembahasan itu berlanjut hingga rapat dengar pendapat di Komisi II DPR RI. ‎

Akhir dari campur tangan pemerintah pusat itu, meminta Pemprov Jabar membuat rekomendasi dengan catatan untuk kelanjutan proyek Meikarta.

Lantas, kenapa Dirjen Otda harus turun tangan?

Alasan turun tangannya Dirjen Otda turut serta melakukan pembahasan dijelaskan mantan Dirjen Otda Soni Soemarsono di persidangan kasus suap perizinan Meikarta yang digelar di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (20/3/2019).

BREAKING NEWS: Ini Penampakan Aher, Demiz, dan Soni di Sidang Korupsi Meikarta, Siap Ditanya Hakim

"Pada prinsipnya, kami tidak punya kewenangan perizinan. Hanya pengawasan umum. Dalam hal ini, ‎kami memanggil pihak terkait karena saat itu suasana jelang pilkada. Ada cekcok antara Wagub Jabar dengan Bupati Bekasi di depan publik dan tidak elok dilihat. Karenanya, saya diminta pak Mendagri untuk Fasilitasi keduanya," ujar Soni.

Cekcok tersebut terjadi setelah Deddy Mizwar yang saat itu menjabat wakil gubrnur meminta Pemkab Bekasi untuk menghentikan sementara perizinan Meikarta karena perlu rekomendasi Pemprov Jabar berdasarkan Perda tentang Pengembangan Boddekarpur.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved