Masih Banyak Titik Tanggul Rawan Jebol di Sungai Jatisari, Air Bah Masih Ancam Cilengkrang Bandung

Masih banyak titik rawan jebol di TPT Sungai Jatisari. Air bah masih mengancam Cilengkrang Bandung.

Masih Banyak Titik Tanggul Rawan Jebol di Sungai Jatisari, Air Bah Masih Ancam Cilengkrang Bandung
Twitter/Kangope
Pegawai UPTD Balai Perlindungan Perkebunan Dibun Jabar siaga banjir bandang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung kembali diterjang air bah, Selasa (19/3/2019).

Tanggul atau TPT Sungai Jatisari kembali jebol, sehingga menyebabkan meluapnya air di desa tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung, Agus Nuria, mengatakan, sebelumnya Pemkab Bandung bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) telah melakukan antisipasi sementara dengan membangun bronjong pada TPT yang jebol sebelumnya.

Bronjong itu panjangnya kurang lebih 100 meter.

"Untuk antisipasi sementara sudah dibangun bronjong kurang lebih 100 meter dari kami (Pemda) sama BBWS sharing (bekerja sama)," ujar Agus Nuria melalui telepon seluler, tadi sore.

Namun diakui Agus Nuria, berdasarkan hasil identifikasi tim di lapangan memang masih banyak titik-titik TPT yang rawan jebol, sehingga memerlukan penanganan yang cepat agar tidak terjadi jebol susulan saat terjadi hujan deras di lokasi tersebut.

"Selain yang itu (bronjong) harus segera dipermanen, dari hasil peninjauan di lapangan oleh petugas, teridentifikasi ada titik-titik TPT yang rawan juga. Tidak hanya di titik itu saja, tapi sepanjang tanggul (TPT) juga banyak. Hingga harus segera diperbaiki," ujarnya.

Menurutnya pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi dengan semua unsur terkait, seperti pihak kecamatan, BBWS, pihak pengembang perumahan terkait, termasuk Dinas PUPR Kabupaten Bandung, untuk penanganan TPT tersebut.

"Karena waktu itu yang membangun TPT sungai pihak pengembang mudah-mudahan ke depan ada solusinya. Dia (pengembang) sudah niat mau memperbaiki, mau membangun kembali. Kami lihat dulu tanggung jawab pihak pengembang," ucap Agus Nuria.

Halaman
12
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved