Warga Sambut Baik Rencana Pelebaran Jalan dari Perum Rancaekek Kencana - Jembatan Citarik

Ruas Jalan Raya Majalaya-Rancaekek, tepatnya mulai titik Perumahan Rancaekek Kencana hingga Jembatan Sungai Citarik

Warga Sambut Baik Rencana Pelebaran Jalan dari Perum Rancaekek Kencana - Jembatan Citarik
TRIBUN JABAR/HAKIM BAIHAQI
Kondisi ruas Jalan Raya Majalaya-Rancaekek, Senin (18/3/2019). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ruas Jalan Raya Majalaya-Rancaekek, tepatnya mulai titik Perumahan Rancaekek Kencana hingga Jembatan Sungai Citarik, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, akan segera dilakukan pelebaran.

Sejumlah warga mengaku menyambut baik rencana tersebut, lantaran titik Perumahan Rancaekek Kencana hingga Jembatan Citarik kerap mengalami kemacetan.

Warga Kecamatan Rancaekek, Deni Nurjaman (44), kemacetan di titik tersebut, biasanya terjadi pada waktu pagi dan sore hari karena ruas luas jalan yang sempit, terutama saat ada kendaraan roda empat lebih melintas bersamaan dari arah berlawanan.

"Jalannya sempit sekali, kalau motor mau menyalip juga susah, harus hati-hati," kata Deni di Jalan Majalaya-Rancaekek, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Senin (18/3/2019).

Mobil SIM Keliling Polres Bandung Hari Senin 18 Maret 2019 Beroperasi di Lokasi Ini

Warga lainnya, Asep Firmansyah (32), mengatakan, pelebaran jalan memang harus segera dilakukan, mengingat jalur tersebut adalah penghubung tercepat antara Kecamatan Rancaekek dengan Kecamatan Majalaya dan Kecamatan Solokanjeruk.

"Kalau jalan ini macet, terpaksa harus memutar. Masalahnya ? Kalau memutar itu lebih jauh dan memakan waktu lama," katanya.

Kepala Bidang Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Cecep Mulyana, mengatakan, pelebaran jalan tersebut dilakukan, untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi terutama pada waktu pagi serta sore hari, karena jalur tersebut merupakan perlintasan kendaraan besar industri.

Ia menambahkan, pelebaran yang akan dilakukan selebar dua meter dan akan dimulai pada Mei 2019.

"Yang terjadi di sini, bila ada kendaraan besar melintas dari arah berlawanan harus berhenti salah satunya, maka dari itu pelebaran harus segera dilakukan," kata Cecep.

Akan Berkegiatan di Bandung? Cek Informasi Cuacanya dari BMKG di Sini

Untuk anggaran pelebaran jalan, kata Cecep, masih dalam perhitungan dan kemungkinan akan menggunakan ruang milik jalan (rumija) yang berada di dekat saluran drainase.

"Supaya kepadatan kendaraan bisa teratasi dan lalu lintas tidak menjadi padat juga," katanya.

Gempa Kembali Getarkan Lombok Timur, Guncangannya Tidak Sekuat Kemarin

Wanita Ini Marah karena Mobilnya Diusir dari Balai Kota Bandung, Mobil Tak Dilengkapi Tempat Sampah

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved