Tim KNKT Sudah Teliti Helikopter Jatuh di Tasikmalaya, Bangkai Pesawat Hari Ini Dipotong-potong

Evakuasi bangkai pesawat helikopter jatuh di Tasikmalaya dilanjutkan hari ini. Pesawat dipotong-potong untuk memudahkan evakuasi. Tim KNKT sudah datan

Tim KNKT Sudah Teliti Helikopter Jatuh di Tasikmalaya, Bangkai Pesawat Hari Ini Dipotong-potong
(Tribun Jabar/Firman Suryaman)
Tim KNKT berada di lokasi jatuhnya helikopter selama tiga jam untuk melakukan penelitian, Minggu (17/3). 

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mendatangi lokasi helikopter jatuh di Tasikmalaya, Jawa Barat,  Minggu (17/3/2019).

Pesawat helikopter jatuh di Tasikmalaya bertipe BO105M PK-EAH yang dicarter anggota DPR RI, Hj Nurhayati, jatuh di Kampung Situhiang, Desa Sirnamukti, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (16/3/2019).

Jajaran KNKT yang dipimpin Kapten Nur Cahyo melakukan penelitian terhadap bangkai pesawat helikopter jatuh di Tasikmalaya sekitar tiga jam dimulai sekitar pukul 10.00.

Para petugas harus berjalan sekitar 1 km menuju lokasi dengan kondisi jalan setapak yang licin.

Penjagaan cukup ketat dilakukan petugas Lanud Wiriadinata Tasikmalaya selama pemeriksaan.

Helikopter milik PT Air Transport Service itu mendarat darurat cukup keras, Sabtu (16/3/2019) sore, dalam penerbangan dari lapang Urug, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, menuju home base di Jakarta. Empat penumpang terdiri dari pilot, ko-pilot dan dua penumpang lolos dari maut dan hanya menderita luka-luka.

VIDEO- Pesawat Helikopter Jatuh di Kabupaten Tasikmalaya

Keempat korban selamat itu sempat dirawat di RSU SMC Singaparna dan RS TMC Kota Tasikmalaya. Sedang Nurhayati sendiri luput dari musibah karena turun di lapang Urug untuk mengikuti sebuah acara di Kelurahan Talagasari, Kecamatan Kawalu.

Danlanud Wiriadinata, Letkol Pnb Muhammad Pandu Adi, ikut mendampingi pemeriksaan.

Seusai pemeriksaan, petugas KNKT sempat membawa sejumlah dokumen yang ada di dalam pesawat dan meminta petugas agar mengambil sebotol bahan bakar untuk sampel.

Ketua Tim KNKT, Kapten Nur Cahyo, mengatakan, tak bisa memberikan keterangan karena tak punya kewenangan.

Petugas dari Kantor SAR Jabar saat melakukan evakuasi helikopter jatuh di Tasikmalaya, Sabtu (16/3/2019)
Petugas dari Kantor SAR Jabar saat melakukan evakuasi helikopter jatuh di Tasikmalaya, Sabtu (16/3/2019) (Dokumentasi Kantor SAR Jabar)

Sementara Danlanud mengatakan, Tim KNKT telah melakukan pemeriksaan dan tinggal menunggu pihak asuransi yang akan ikut memeriksa.

"Hari ini, dari pagi hingga siang Tim KNKT melakukan penelitian secara seksama terhadap pesawat yang jatuh. Selain membawa sejumlah dokumen di dalam pesawat, juga sejumlah alat-alat dibawa serta termasuk GPS yang bisa menentukan posisi pesawat seperti apa beberapa saat sebelum mendarat darurat," ujar Pandu di lokasi musibah.

Daftar Nama Korban Helikopter Jatuh di Tasikmalaya

Setelah diteliti KNKT, lanjut Danlanud, tinggal menunggu kedatangan dari pihak perusahaan asuransi sebelum bangkai pesawat dievakuasi.

Helikopter jatuh di Kampung Peuteuy Jaya, Desa Jaya Ratu, Kecamatan Sariwangi, Tasikmalaya, Sabtu (16/3/2019).
Helikopter jatuh di Kampung Peuteuy Jaya, Desa Jaya Ratu, Kecamatan Sariwangi, Tasikmalaya, Sabtu (16/3/2019). (Dok Tim SAR)

"Kondisi pesawat sendiri sebagian besar rusak dan sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Proses evakuasi kemungkinan dimulai besok (Senin 18/3 ini, Red) dengan cara dipotong-potong," katanya.

Namun begitu, untuk bagian tertentu akan dievakuasi dalam keadaan utuh. Seperti mesin, //gear box// dan rotor. Prosea pemotongan akan melibatkan petugas Lanud Wiriadinata serta unsur TNI lainnya. (firman suryaman)

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved