4 Penambang Emas Tewas di Lubang Galian di Bogor, 3 Orang Semula Hendak Bantu Teman

Empat penambang tewas di lubang galian emas tak berizin di Kampung Cicilin, Desa Banyu Resmi, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

4 Penambang Emas Tewas di Lubang Galian di Bogor, 3 Orang Semula Hendak Bantu Teman
ISTIMEWA/KABID HUMAS POLDA JABAR
Ilustrasi tambang emas liar di Bogor 

TRIBUNJABAR.ID, BOGOR- Empat penambang tewas di lubang galian emas tak berizin di Kampung Cicilin, Desa Banyu Resmi, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Mereka merupakan penambang emas tanpa izin atau yang biasa disebut gurandil, yakni Ata (27), Satri (25), Kosim (28), dan Adam (27). 

Menurut Kasubag Humas Polres Bogor, Ajun Komisaris Ita Puspita, keempatnya tewas karena sesak napas pada saat berada di dalam lubang galian.

"Iya korban tewas diduga karena keracunan gas beracun," katanya ketika dikonfirmasi Kompas.com melalui keterangan tertulis, Senin (18/3/2019).

Ita menjelaskan, peristiwa itu bermula Minggu (17/3/2019), sekitar pukul 14.00 WIB. Keempat korban membuat lubang untuk mengambil bahan emas. Nahas, sekitar 15 menit di dalam lubang, napas korban mulai terengah-engah.

Seperti Ini Eben Burgerkill Mengoleksi Ribuan Keping Piringan Hitam yang Jadi Hobinya [VIDEO]

110.000 Lowongan Kerja di BUMN Terbuka Hingga 24 Maret 2019

"Adam berusaha keluar dari lubang tapi tidak kuat naik dan terjatuh kembali ke dalam lubang," ujarnya Rupanya, Ata, Kosim dan Satri berusaha menolong tanpa berpikir panjang.

Akibatnya, mereka juga ikut terjebak di dalam lubang. "Tiga orang yang berusaha menolong tadi enggak mampu keluar juga karena napas sudah lemah," katanya.

Terpisah, Camat Cigudeg Acep Sajidin mengatakan, para gurandil berhasil dievakuasi oleh warga pada sore harinya.

KPK Sebut Peluang Periksa Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Terkait Kasus Romahurmuziy

"Sorenya itu sudah dievakuasi warga sekitar dan dibawa ke kediaman masing-masing para keluarga juga sudah ikhlas karena itu resiko bagi mereka," ucapnya.

Acep mengaku bahwa sebelumnya tidak pernah terjadi kasus keracunan gas terhadap penambang emas tak berizin. "Baru kali ini, tahun lalu belum ada," ungkapnya.

Hingga kini, pihaknya tengah melarang warga untuk tidak menambang ke lokasi agar tidak memakan lebih banyak korban.

"Itu kan lokasinya di pegunungan jadi memang jarang yang ke pantau soalnya jauh dari pemukiman. Nah semoga setelah ini enggak ada lagi korban kita dengan petugas juga sudah melarang," terangnya saat dihubungi Kompas.com. (Kontributor Kabupaten Bogor, Afdhalul Ikhsan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Empat Penambang Emas Liar Tewas di Lubang Galian di Bogor"

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved