Komisi IV DPR Temui Petani Kabupaten Bandung, Ikut Lepas Ekspor Manggis ke Cina

Anggota Komis IV DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal menuturkan public hearing ini dilakukan guna mendapatkan masukan langkah strategis

Komisi IV DPR Temui Petani Kabupaten Bandung, Ikut Lepas Ekspor Manggis ke Cina
BUMN.CO.ID
Ilustrasi: Manggis.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, BANJARAN - Demi genjot ekspor hortikultura Jawa Barat khususnya Kabupaten Bandung, Komisi IV DPR RI lakukan Public Hearing dengan puluhan petani dan pelaku agribisnis asal Kabupaten Bandung, Banjaran, Sabtu (16/3/2019).

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pelepasan ekspor buah manggis ke China oleh PT Alamanda Sejati Utama Banjaran sebanyak 1000 kilogram.

Anggota Komis IV DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal menuturkan public hearing ini dilakukan guna mendapatkan masukan langkah strategis untuk menggenjot ekspor dari produk hortikultura asal Jawa Barat khususnya Kabupaten Bandung.

"Kami sudah membuatkan angaran. Kami membuat regulasi kemudian mengajak para petani untuk produksi bahan bernilai tinggi. Kami tengah siapkan langkah-langkah strategis guna menggenjot ekspor produk segar pertanian ini ke mancanegara," tuturnya di Banjaran tadi siang.

[VIDEO] Soal Helikopter Jatuh di Tasikmalaya, SAR Bandung: Pilot Berniat Lakukan Pendaratan Darurat

Menurutnya berdasarkan data yang dilansir Badan Pusat Statistik, ekspor sayur mayur telah menyumbang 0,1 persen dari total ekspor non migas yang total di tahun 2018 mencapai 101,8 juta US dolar.

"Ekspor ini pun membuktikan produk pertanian Indonesia makin diakui dan diterima di luar negeri. Kedepan kami meminta jajaran Kementerian Pertanian untuk meningkatkan produktivitasnya," katanya.

Kegiatan public hearing yang dilakukan bersamaan dengan pelepasan ekspor manggis sebanyak 1.000 kilogram. Dengan tujuan negara mitra dagang yakni Cina milik PT Alamanda Sejati Utama.

Cucun mengapresiasi kinerja ekspor pangan yang telah dicapai oleh Kementan. Menurutnya ini merupakan bukti dari dampak inovasi pertanian yang dilakukan Kementan seperti teknologi benih dan terutama alat mesin pertanian.

Bahkan capaian ekspor naik 29 persen dan penurunan inflasi 1,26 persen merupakan wujud nyata penggunaan APBN sektor pertanian.

Beredar Kabar Ada Caleg Dalam Helikopter yang Jatuh di Tasikmalaya, Begini Kata SAR Bandung

Halaman
12
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved