Di Aljazair dan Maroko, Ridwan Kamil Promosikan Kopi dan Teh Jabar Menggunakan Bahasa Arab

Pemasaran kopi dan teh asal Jabar tersebut merupakan satu di antara kesepakatan kerja sama antara Jabar dengan Provinsi Souss Massa di Maroko dan Seti

Di Aljazair dan Maroko, Ridwan Kamil Promosikan Kopi dan Teh Jabar Menggunakan Bahasa Arab
Istimewa
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengunjungi mitra Sister Province Jawa Barat, Souss Massa Region, Maroko, Sabtu (9/3/29). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dalam waktu dekat, kopi dan teh asal Jawa Barat akan mengisi menu berbagai kafe di Aljazair dan Maroko.

Pemasaran kopi dan teh asal Jabar tersebut merupakan satu di antara kesepakatan kerja sama antara Jabar dengan Provinsi Souss Massa di Maroko dan Setif di Aljazair.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan selama ini kopi dan teh asal Jabar sudah beredar di dua negara di Afrika Utara tersebut.

Namun, jumlahnya masih terbatas dan kebanyakan yang beredar adalah kopi dan teh dari daerah lain di Indonesia.

"Selain itu kerja sama di bidang pertanian, industri, dan investasi di Segitiga Rebana (Cirebon, Kertajati, dan Patimban). Yang jangka pendek adalah jualan komoditas kopi dengan simbol akan adanya kafe di kota-kota mereka dengan kopi Jawa Barat," kata Ridwan Kamil ponsel, Rabu (13/3/2019).

Rizal Ramli: Belum Lihat Blueprint Ridwan Kamil Kecuali Bikin Taman Dilan

Lawatan Luar Negeri, Ridwan Kamil akan Kunjungi Tiga Negara di Timur Tengah

Al Mamlaka Al Maghribiyah, nama lain Maroko, kata Ridwan Kamil, adalah negara strategis karena menjadi gerbang benua Afrika dan juga Eropa.

Melalui Maroko, katanya, kopi dan teh Jabar akan jadi primadona komoditas ekspor ke dua benua tersebut.

"Karena sudah ada, namun volumenya masih sedikit sekali. Insya Allah selain ekspor, mereka tertarik juga untuk membuat West Java Cafe di kota-kota wisata mereka, dengan 100 persen kopi Jawa Barat," katanya.

Sebagai tahap awal tindak lanjut kerja sama ini, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat diberikan kesempatan untuk membuka coffeeshop di kawasan Marina Agadir.

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved