Pemkot Bandung Gandeng 5 Perguruan Tinggi Demi Wujudkan Pembangunan dan Pengabdian pada Masyarakat

Pemerintah Kota Bandung memperbarui kerja sama dengan lima perguruan tinggi terkait mendukung program-program pembangunan di Kota Bandung

Pemkot Bandung Gandeng 5 Perguruan Tinggi Demi Wujudkan Pembangunan dan Pengabdian pada Masyarakat
ISTIMEWA
Wali Kota Bandung, Oded M Danial berfoto bersama Rektor Unisba, Prof Dr Edi Setiadi SH MH seusai menandatangani pembaharuan MoU di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum Bandung, Selasa (12/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung memperbarui kerja sama dengan lima perguruan tinggi, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Bandung (Unisba), Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bandung, dan Politeknik Negeri Bandung (Polban), terkait mendukung program-program pembangunan di Kota Bandung, termasuk di antaranya penguatan Gerakan Kang Pisman.

Wali Kota Bandung Oded M Danial‎ dalam sambutannya, meminta kelima perguruan tinggi di Bandung tersebut dapat berperan dan semakin berkolaborasi secara aktif dengan Pemkot Bandung, terutama soal implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Ini sesungguhnya kerja sama pembaharuan, karena sudah ada kerja sama sebelumnya. Kerja sama yang dulu baru berkaitan dengan pendidikan ‎lalu kajian dan penelitian-penelitian. Nah, dari ketiga ini yang belum adalah pengabdian di masyarakat," ujarnya di Pendopo Wali Kota Bandung, Jalan Dalam Kaum Kota Bandung, Selasa (12/3/2019).

Pria yang akrab disapa Mang Oded itu pun menginginkan, wujud kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan MoU bersama tersebut dapat dilaksanakan secara nyata oleh kelima perguruan tinggi tersebut.

Satu di antara program itu adalah menerjunkan para mahasiswanya untuk turut aktif menyosialisasikan dan mengedukasi Gerakan Kang Pisman di masyarakat, baik melalui kegiatan praktek kuliah kerja nyata (KKN) maupun dalam aktivitas sehari-hari.

Mang Oded Berkegiatan di Kota Bandung Hari Ini, Sementara Wakilnya ke Tangerang

Oded juga menginginkan, setiap perguruan tinggi dapat berinovasi menghasilkan sebuah teknologi untuk membantu mengatasi masalah pengelolaan sampah di Kota Bandung.

"Saya berharap kerja sama ini tidak hanya sekadar seremonial, ‎lalu tidak ada aktivitasnya. Saya sudah meminta Bu Kamalia Purbani, (Asisten Pemerintahan dan Kesra) untuk membuat job teknis kerja sama ini. Saya minta itu Kang Pisman juga bisa dilaksanakan di masyarakat dengan melibatkan para mahasiswa, dan juga membuat inovasi untuk urusan pengelolaan sampah dengan teknologi," ucapnya.

Oded menambahkan, dalam mewujudkan Bandung sesuai visi seraya dengan datangnya momen baru yang unggul, sejahtera dan agamis dibutuhkan sebuah kebijakan strategis yang bernama silaturahim atau kolaborasi.

Maka dengan memaksimalkan kolaborasi antara pemerintah, pihak akademisin dan masyarakat melalui tiga pilar pembangunan Kota Bandung yaitu inovasi, kolaborasi, serta desentralisasi dalam wujud pelayanan masyarakat kota Bandung, akan mampu mengahasilkan dampak penyelesaian sampah yang sangat luar biasa di Kota Bandung. Sehingga target Bandung Zero Waste dapat tercapai di masa depan.

Kadishub Kota Bandung Klaim Car Pooling Sukses, ASN Senang Tak Perlu Nyetir, Bisa Tidur Nyenyak

"Kita ingin semua program Kota Bandung yang bisa berkolaborasi dengan akademis dimaksimalkan, dengan begitu akan membuahkan hasil positif yang sangat luar biasa bagi kemajuan Kota Bandung," katanya.

Sementara itu Rektor Unisba, Prof Dr Edi Setiadi SH MH mengatakan, kerjasama antara Unisba dan Pemkot Bandung ini dalam rangka bersama-sama ikut mensejahterakan dan mencerdaskan masyarakat dengan melibatkan seluruh unsur potensi termasuk perguruan tinggi.

Hal ini selaras dengan misi tridharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sehingga momentum kerja sama ini dapat mendorong dan merupakan tambahan fondasi agar Unisba dapat lebih banyak berkiprah di lingkungan masyarakat pada umumnya.

“Dari sekian banyak perguruan tinggi di Bandung, Insya Alloh dengan berbagai keahlian dan pengalaman dari dosen-dosen Unisba dan pengalaman manajerial dalam menata perguruan tinggi, kami dapat bersinergi dengan Pemerintahan Kota Bandung sekaligus mendorong program-program yang dicanangkan oleh pemkot supaya tepat sasaran,” ujar Edi.

Ia pun berjanji akan menunaikan MoU ini dengan sungguh-sungguh sebagai amanah. Rektor juga meminta bantuan dari Walikota dan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya, untuk merealisasikan nota kesepahaman ini dalam bentuk kesepahaman teknis dengan berbagai prodi, fakultas dan lembaga yang ada di perguruan tinggi Unisba. (Cipta Permana).

Babak I Persib Bandung vs Perseru Serui, Tendangan Ezechiel Masih Bentur Mistar, Skor 0-0

Asetnya Tembus Angka Rp 8.092 Triliun, Sinergitas Mampu Dorong BUMN ke Tingkat Global

Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved