Divonis 3,5 Tahun, Billy Sindoro Banding, Tak Mau Kalah Jaksa KPK Pun Banding, Kasus Suap Meikarta

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kasus suap perizinan proyek Meikarta dengan terdakwa Billy Sindoro,

Divonis 3,5 Tahun, Billy Sindoro Banding, Tak Mau Kalah Jaksa KPK Pun Banding, Kasus Suap Meikarta
tribunjabar/gani kurniawan
Terdakwa kasus suap perizinan proyek Meikarta Billy Sindoro 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kasus suap perizinan proyek Meikarta dengan terdakwa Billy Sindoro, Henry Jasmen, Fitrdjaja Purnama ‎dan Taryudi mengajukan banding atas vonis hakim untuk Billy Sindoro.

Billy Sindoro divonis bersalah dan dipidana penjara selama 3‎,5 tahun dan denda Rp 100 juta subsider 2 bulan kurungan. Hukuman Billy lebih rendah dari tuntutan jaksa yaitu 5 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan.

"Pak Billy Sindoro banding, maka otomatis kami menyatakan banding. Tapi sudah masuk ke panitera tipikor PN Bandung dan sudah ditandatangan," ujar jaksa KPK, I Wayan Riyana di Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (12/3/2019).

Menurutnya, putusan hakim sudah mengambil alih seluruh pertimbangan dari analisis yuridis jaksa. Banding dari jaksa tidak terkait putusan Billy yang lebih ringan dari tuntutan yakni 5 tahun.

"Sebenarnya poin utamanya putusan sudah ambil alih seluruh pertimbangan analisis yuridis kita, kecuali masalah koorporasi itu perlu kami melihat putusan lengkap. Kalau hukuman sudah 2/3. Kan sudah memenuhi," katanya.

Adapun untuk tiga terdakwa lainya yang sudah divonis, Henry Jasmen divonis 3 tahun, Fitradjaja Purnama dan Taryudi divonis 1 tahun 6 bulan, ketiganya tidak mengajukan banding.

Aksi Heroik Wakil Bupati Purwakarta, Naik ke Atas Tower Bujuk dan Evakuasi Warga yang Mau Bunuh Diri

"Yang mengajukan banding pak Billy saja. Tiga terdakwa lainnya menerima putusan, sehinga kami pun menerima," ujar I Wayan. ‎

Untuk terdakwa penerima suap yakni Neneng Hasanah Yasin Bupati Bekasi, Kadis PUPR Jamaludin dan Kabid Tata Ruang Neneng Rahmi Nurlaili, Kepala DPMPTSP Bekasi Dewi Tisnawati dan Kepala Dinas Damkar Bekasi, Sahat Banjarnahor, baru bergulir di Pengadilan Tipikor Bandung. Sidang ke lima terdakwa akan digelar di besok.

Kasus Penyiraman Air Keras Telah 700 Hari Berlalu, Kuasa Hukum Novel Baswedan Minta KPK Menanganinya

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved