Sejarah

Patung Bola di Jalan Tamblong, 6 Prasasti Nama Pemain yang Bawa Persib Juara Hilang [VIDEO]

Video kondisi patung pemain bola di Jalan Tamblong. Enam prasasti nama pemain yang bawa Persib juara hilang.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga Kota Bandung, terutama bobotoh, pasti tahu patung pemain bola yang berpose seperti sedang menggiring bola di sebuah taman.

Patung tersebut dikelilingi tanaman bunga euphorbia yaitu tanaman berduri yang memiliki bunga berwarna merah muda.

Patung yang didominasi warna hitam itu letaknya di perempatan antara Jalan Lembong, Jalan Tamblong, Jalan Sumatra, dan Jalan Veteran.

Lokasi patung tersebut tak jauh dari Masjid Lautze 2 Bandung dan gedung cagar budaya yang sekarang dijadikan Puskesmas Tamblong.

Sebagian orang menyebutnya patung Ajat Sudrajat, dan ada juga yang menyebutnya patung Robby Darwis.

Terdapat sebuah prasasti di depan patung tersebut bertuliskan "Monumen Sepakbola. Dipersembahkan Kepada Masyarakat Bandung Oleh Pemerintah Daerah Kota Madya Bandung. Dengan Dukungan PT Djarum, Diresmikan Di Bandung Pada Tanggal 8 Mei 1990. Oleh Ketua PSSI Kardono dan Ateng Wahyudi Walikota Madya Bandung.

Selain itu, terdapat enam kotak di sisi patung tersebut yang terlihat seperti sebuah prasasti. Namun keadaannya sudah rusak dan tak jelas.

Menurut mantan Pemain Persib Yudi Guntara enam kotak tersebut adalah prasasti nama-nama mantan pemain Persib Bandung yang membawa Persib juara di era zaman Perserikatan.

"Kalau patung itu tidak ada spesifik nama, itu dibuat yang saya tahu kerja sama dengan PT Djarum, walikotanya waktu itu Ateng Wahyudi. Di situ dibuatlah nama-nama pemain Persib Bandung yang membawa Persib juara. Termasuk Persib juara Piala Sultan Hassanal Bolkiah (di Brunei Darussalam) tahun 1986," ujar Yudi kepada Tribun Jabar via telepon, Senin (4/3/2019).

Yudi menambahkan patung tersebut sering disebut patung Robby Darwis karena di dalam prasasti tersebut paling banyak nama Robby Darwis.

"Banyak seperti nama pemain di prasasti itu, Robby Darwis yang paling banyak namanya, karena pernah membawa Persib juara tahun 86, 90, 94, (tampil di) Piala Champions Asia, paling banyak Robby Darwis dicatat di prasasti itu," ujar Yudi Guntara.

Yudi menyayangkan prasasti tersebut sekarang ini sudah tak ada lagi yang diduga hilang dicuri.

Padahal menurutnya patung dan prasasti itu bersejarah bagi persepakbolaan Indonesia, khususnya bagi warga Jawa Barat dan Kota Bandung.

"Kalau hilangnya tugu nama nama pemain yang diduga dicuri itu saya enggak tahu kapan-kapannya. Pernah waktu itu saya lihat ada nama-nama masih ada, tapi pas dilihat lagi, kenapa nama-namanya hilang enggak ada" ujarnya.

Disodori Kontrak 3 Tahun oleh Persib, Beckham Belum Mau Tanda Tangan

Bursa Transfer Pemain Liga Indonesia: Semen Padang Tendang Pemain Prancis Persipura Full Brasil



Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved