Kumis Unik Pilot Jet Tempur yang Ditawan Pakistan Setelah Pesawatnya Ditembak Jadi Tren di India

Letnan Kolonel Abhinandan Varthaman, pilot jet tempur yang sempat disekap Pakistan, sudah kembali dengan selamat ke India pada pekan lalu.

Kumis Unik Pilot Jet Tempur yang Ditawan Pakistan Setelah Pesawatnya Ditembak Jadi Tren di India
PTI via Hindustan Times
Abhinandan Varthaman, pilot jet tempur India yang disekap Pakistan ketika dibebaskan di gerbang perbatasan dua negara Wagah-Attari Jumat (1/3/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, NEW DELHI - Letnan Kolonel Abhinandan Varthaman, pilot jet tempur yang sempat disekap Pakistan, sudah kembali dengan selamat ke India pada pekan lalu.

Dikutip dari Kompas.com, Abhinandan menjadi wajah konflik Pakistan dan India yang terjadi pada pekan lalu ketika jet tempur MiG-21 yang dikendalikannya jatuh ditembak militer Pakistan.

Setelah dibebaskan di gerbang perbatasan Attari-Wagah Jumat malam waktu setempat (1/3/2019), pilot berusia 38 tahun itu dipuja sebagai pahlawan India.

Diwartakan CNN Senin (4/3/2019), sebagai bentuk penghormatan terhadap Abhinandan, di India saat ini banyak pria mulai meniru kumisnya yang unik.

Perpaduan gaya antara gunslinger dengan mutton chop, potongan kumis yang ada di India dikenal sebagai " Kumis Abhinandan".

"Terinspirasi dari Abhinandan," kata seorang warganet dengan nama Aditya Swaminathan ketika memamerkan "Kumis Abhinandan" di Twitter.

India begitu memperhatikan perkambangan kasus Abhinandan ketika Kementerian Informasi Pakistan merilis video penangkapannya.

Sebelum Islamabad merilis, sempat beredar video di mana Abhinandan dipukul dan ditendang oleh warga Horran, sebuah desa di Kashmir Pakistan tempatnya jatuh.

Razia Sikap dan Tampang, Wakapolres Majalengka Cukur Kumis Anggotanya

Ketenangannya di video yang menunjukkan dia menyesap teh, sejalan dengan warga India dan Pakistan yang menginginkan perdamaian antar-negara.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengucapkan selamat ketika Abhinandan dibawa ke gerbang perbatasan Wagah dan dipersilakan menuju ke wilayah India.

Pakistan Tutup Wilayah Udara, Ribuan Wisatawan Menumpuk di Bandara Suvarnabhumi, Thailand

Konflik Makin Memanas dan Tak Terkendali, India dan Pakistan Saling Balas Serangan, Warga Panik

"Selamat datang kembali Komandan Abhinandan! Negara sangat bangga akan keberanian Anda," ujar Modi dalam kicauannya di Twitter.

Setelah dibebaskan, Abhinandan dilaporkan langsung dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan medis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kumis Pilot Jet Tempur yang Ditawan Pakistan Jadi Tren di India"

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved