Kasus Pengeroyokan Haringga Sirla, Nasib Terdakwa Joko Ada di Tangan Nurlela

‎Joko Susilo (30), terdakwa penganiaya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla di Stadion GBLA pada 23 September 2018 mengharapkan

Kasus Pengeroyokan Haringga Sirla, Nasib Terdakwa Joko Ada di Tangan Nurlela
Tribun Jabar/ Mega Nugraha
Tujuh orang terlibat kasus penganiayaan suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla menjalani persidangan sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (15/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Joko Susilo (30), terdakwa penganiaya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla di Stadion GBLA pada 23 September 2018 mengharapkan tim penasihat hukumnya bisa menghadirkan saksi Nurlela di persidangan pekan depan.

"Iya, saya sangat berharap dia bisa dihadirkan di persidangan nanti," ujar terdakwa Joko seusai sidang di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (4/3/2019).

Sidang hari ini menghadirkan saksi bernama Alya Mariani (16). Kesaksiannya meringankan Joko. Menurut Alya, Joko tidak ikut memukul atau menendang Haringga. Bahkan kata Alya, Joko menolong Alya dan Nurlela yang terjebak di antara kerumuman massa yang menganiaya Haringga.

"Joko tidak ikut memukul atau menendang. Joko malah menolong saya dan Nurlela dengan cara menarik saya dan Lela dari belakang dan menjauhkan dari kerumunan," ujar Alya.

Tim penasihat hukum Joko meminta majelis hakim untuk menghadirkan Nurlela di sidang pekan depan. Namun, jika Nurlela tidak bisa dihadirkan, pemeriksaan akan berlanjut ke pemeriksaan terdakwa. Kata Joko, hanya Alya dan Nurlela yang bisa menolongnya dari jerat hukum.

"Karenanya saya sangat berharap, memohon kehadiran Nurlela untuk hadir di persidangan dan menjelaskan yang sebenar-benarnya bahwa saya tidak ikut memukul," ujar Joko.

Sejak proses rekonstruksi kejadian di GBLA pada 26 September, Joko menolak untuk memeragakan adegan penganiayaan yang dilakukan. Perannya digantikan penyidik. Joko ditetapkan tersangka karena kesaksian terdakwa Cepi dan Dani yang sudah divonis bersalah.

Roy Kiyoshi Akui Dekat dengan Sosok Mistis Nyi Roro Kidul, Ungkap Alasan Tak Boleh Pakai Baju Hijau

"Karena saya tidak ikut memukul. Alya dan Nurlela yang benar-benar melihat saya tidak memukul. Alya sudah memberikan kesaksiannya dan memang betul seperti itu. Makanya saya berharap Nurlel‎a untuk hadir," ujar Joko.

Kesaksian Nurlela di persidangan akan jadi penting karena akan menentukan nasib Joko. Dua orang menyatakan di persidangan menyebut Joko ikut memukul. Namun, Alya membantahnya. Namun, kesaksian Alya harus dikuatkan oleh keterangan Nurlela.

Kasus ini melibatkan 14 terdakwa. Tujuh terdakwa diantaranya sudah divonis, satu orang divonis bebas. Ketujuhnya masih berusia di bawah umur. Saat ini, tujuh terdakwa dewasa menjalani persidangan, salah satunya Joko Susilo.


Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved