Eksklusif Tribun Jabar

Cerita Harian 5 Penjaga Jembatan Penyeberangan Berbayar di Bandung, Ada Juga yang Tak Bayar

Tiga jembatan yang dikelola Abdul Gofur selama setahun bisa menghasilan uang setengan miliar rupiah. Ada 5 orang penjaga, kisahnya lucu-lucu.

Cerita Harian 5 Penjaga Jembatan Penyeberangan Berbayar di Bandung, Ada Juga yang Tak Bayar
Tribunjabar.id/Zelphi
Jembatan Papan Surapatin: Sejumlah warga melintasi jembatan kayu papan Surapatin, Kamis (28/2/2019). Jembatan ini menghubungkan Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar dengan Desa Girimukti, Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat . 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bagaimana pengelolaan bisnis jembatan penyeberangan di aliran Sungai Citarum di Bandung Barat?

Tiga jembatan yang dikelola Abdul Gofur selama setahun bisa menghasilan uang setengan miliar rupiah.

Dalam pengelolaanya, ada lima orang yang dipercayai menjaga jembatan tersebut oleh pemilik ketiga jembatan kayu buatan ini.

Semuanya berasal dari Jawa Tengah, yakni Brebes dan Cilacap.

Munjirin (28), salah seorang penjaga asal Cilacap, mengungkapkan, sudah sekitar enam bulan ia bekerja sebagai penjaga pos jembatan yang setiap hari bertugas mengumpulkan uang hasil dari pemberian warga pengguna jembatan.

Menurut dia, para penjaga pos di ketiga jembatan ini berasal dari Jawa Tengah dan masih ada keterkaitan dengan keluarga pemilik jembatan. Sehari-hari, kata Munjirin, jam operasional jembatan ini 24 jam kecuali di Jembatan Jubang, hanya pukul 05.30-20.30 WIB.

Dari lima orang penjaga itu, kata Munjirin, biasa dilakukan bergiliran atau rolling setiap sebulan sekali dengan tujuan agar tidak jenuh.

Terungkap, Bocoran Spesifikasi Realme 3, Smartphone untuk Anak Muda yang Segera Hadir di Indonesia

Adapun jumlah penjaga di Jembatan Surapatin sebanyak dua orang, Cangkorah dua orang, dan Jubang satu orang.

Tidak hanya bertugas mengumpulkan uang, mereka juga dituntut selalu mengecek kondisi jembatan.

"Warga yang ingin pergi ke ladang (kebun) itu tidak dipungut biaya karena lokasi Jembatan Jubang ini kan dekat dengan ladang," ujarnya di Jembatan Jubang, Rabu (27/2).

Halaman
12
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved