Bawaslu Kota Bandung Tangani 9 Kasus, Ada ASN Kampanye di Sekolah, Caleg Kampanye di Tempat Ibadah

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung tengah menangani 9 kasus terkait pelanggaran kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Bawaslu Kota Bandung Tangani 9 Kasus, Ada ASN Kampanye di Sekolah, Caleg Kampanye di Tempat Ibadah
TRIBUN JABAR/HILDA RUBIAH
Ketua Bawaslu Kota Bandung, Zacky Muhammad Zam Zam, saat ditemui Tribun Jabar di STT Mandala, Jalan Soekarno Hatta No 597 Kebon Kangkung, Kiaracondong, Kota Bandung, Senin (4/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung tengah menangani 9 kasus terkait pelanggaran kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Dari 9 kasus yang ditangani tersebut dua di antaranya adalah netralitas atau keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan kampanye di lingkungan pendidikan, dan calon legislatif  ( caleg) yang berkampanye di tempat ibadah.

Namun sayang, Zacky belum bisa mengungkap secara jelas tentang kasus pelanggaran kampanye tersebut.

"Secara keseluruhan evaluasi dan data terkini pelanggaran sejumlah 9 pelanggaran sudah dan sedang kami tindak lanjuti," ujar Ketua Bawaslu Kota Bandung, Zacky Muhammad Zam Zam, saat ditemui Tribun Jabar di STT Mandala, Jalan Soekarno Hatta No 597 Kebon Kangkung, Kiaracondong, Kota Bandung, Senin (4/3/2019).

Bawaslu Kota Bandung Imbau Parpol Peserta Pemilu Perhatikan Aturan Pemasangan APK Berikut Ini

Saat ini pihaknya telah merekomendasikan kasus tersebut kepada KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) untuk ditindaklanjuti.

Zacky menjelaskan pada prinsipnya, Bawaslu Kota Bandung hanya bisa melakukan proses penanganan pelanggaran, melakukan kajian dan memberikan rekomendasi, untuk kemudian nanti ditindak oleh KASN atau Inspektorat.

Adapun pihaknya juga menangani sejumlah pelanggaran semisal kampanye di tempat ibadah yang juga tengah ditindak lanjuti soal APK (Alat Peraga Kampanye).

Banjir Bandang Pangalengan, PTPN VIII Akan Tutup Penggarapan Lahan Kritis oleh Perorangan hingga CV

Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved