20 WNA Pernah Mengajukan Membuat KTP Elektronik ke Disdukcapil Kota Cimahi

Disdukcapil Kota Cimahi mencatat ada 20 Warga Negara Asing (WNA) yang pernah mengajukan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

20 WNA Pernah Mengajukan Membuat KTP Elektronik ke Disdukcapil Kota Cimahi
DOK. TRIBUN JABAR
Ilustrasi: Disdukcapil Kota Cimahi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi mencatat ada 20 Warga Negara Asing ( WNA) yang pernah mengajukan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik ( KTP Elektronik).

Namun, dari jumlah WNA itu yang memenuhi syarat untuk membuat KTP-el hanya enam orang, sehingga sisanya belum memiliki KTP tersebut.

Kepala Disdukcapil Kota Cimahi, M Suryadi, mengatakan, hingga saat ini dari enam orang WNA tersebut baru dua orang saja yang KTP-nya sudah dicetak atau diberikan.

"Enam WNA yang sudah memenuhi syarat memiliki KTP-el itu hingga kini belum datang kembali ke Disdukcapil Kota Cimahi, sehingga belum ditindakalanjuti," ujarnya saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Jumat (1/3/2019).

Ternyata Disdukcapil Kota Cimahi Pun Pernah Terbitkan KTP-el untuk WNA

Dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan menyebutkan bahwa WNA bisa mendapatkan KTP selama memenuhi persyaratan, namun syarat untuk mendapatkan KTP bagi WNA cukup ketat.

"WNA harus memiliki Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap) yang diterbitkan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia," katanya.

WNA di Bandung yang Miliki KTP Ada 281 Orang, Sebagian Besar Warga India

Ia mengatakan, Kitap tersebut merupakan jenis izin tinggal bagi WNA yang berlaku selama lima tahun dan bisa diperpanjang.

"Untuk mendapatkan Kitap, WNA yang berstatus pekerja asing dan sebagainya harus tinggal selama tiga tahun berturut-turut di Indonesia dan WNA yang menikah dengan WNI, harus tingga minimal dua tahun berturut-turut," katanya.

Persib Tanpa 3 Pilar, Tira Persikabo Tak Mau Anggap Remeh

Persib Sudah Kantongi Kekuatan Tira Persikabo, Begini Pernyataan Radovic Termasuk Soal Vizcarra

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved