Terkuak Jumlah KTP Elektronik untuk Warga Asing, Terbanyak Ada di Jawa Bawat dan 3 Provinsi Lain

Terkuat jumlah Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP Elektronik/e-KTP) yang sudah dicetak untuk warga negara asing (WNA). Jabar disebut paling banyak

Terkuak Jumlah KTP Elektronik untuk Warga Asing, Terbanyak Ada di Jawa Bawat dan 3 Provinsi Lain
NAZMII ABDURRAHMAN
ILUSTRASI. Jumlah KTP elektronik untuk WNA ternyata jumlahnya sudah ribuan. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Terkuat jumlah Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP Elektronik/e-KTP) yang sudah dicetak untuk warga negara asing ( WNA).

Jumlah KTP Elektronik (e-KTP) telah dicetak sebanyak 1.600 keping, sejak tahun 2014.

Data KTP Elektronik tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh, saat konferensi pers di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019).

"Penerbitan KTP-el WNA sampai saat ini kurang lebih 1.600 seluruh Indonesia. Dari Papua sampai Aceh," ungkap Zudan seperti dikutip dari Kompas.com.

Zudan menjelaskan, terdapat 4 provinsi yang paling banyak menerbitkan e-KTP untuk WNA, yaitu Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

E-KTP untuk WNA menjadi viral setelah muncul kabar WNA asal China yang memiliki e-KTP, dengan domisili di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Penerbitan E-KTP untuk WNA, kata Zudan, juga telah sesuai dengan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Ketua Seknas Prabowo-Sandi Anggap Lucu KTP untuk WNA: WNA punya KTP tapi Banyak WNI yang Belum Punya

Pada Pasal 63 ayat (1) UU tersebut, tercantum bahwa "Penduduk Warga Negara Indonesia dan Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap yang telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau telah kawin atau pernah kawin wajib memiliki E-KTP".

Sebelumnya, beredar foto KTP elektronik atau e-KTP seorang warga negara asing (WNA) asal China berinisial GC. Dari foto yang beredar, KTP-el GC tercantum dengan NIK 320*************. Dalam foto itu, GC disebut tinggal di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Kapolres Cianjur: Warga Asing Punya KTP Itu Benar, Punya Hak Pilih Itu Hoax

Halaman
123
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved