Mulai 1 Maret Nanti, Pasien Rawat Jalan RSUD Sumedang Bisa Daftar Online

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang membuka pendaftaran online bagi pasien rawat jalan mulai 1 Maret nanti.

Mulai 1 Maret Nanti, Pasien Rawat Jalan RSUD Sumedang Bisa Daftar Online
google map
Peta lokasi RSUD Sumedang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Deddi Rustandi

TRIBUJABAR.ID, SUMEDANG- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang membuka pendaftaran online bagi pasien rawat jalan mulai 1 Maret nanti.

Pendaftaran online pasien rawat jalan harus memiliki rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) .

Direktur RSUD mengundang FKTP mulai dari puskesmas dan klinik untuk melakukan sosialisasi pendaftaran online di Aula Tampomas Pemkab Sumedang, Selasa (26/2/2019).

“Pasien rawat jalan supaya tidak lama antre dan ada kepastian pelayanan dari dokter spesialis di poli rawat jalan maka harus daftar dulu secara online,” kata Hilman Taufik, Direktur RSUD usai sosialisasi, Selasa (26/2/2019).

Menurut Hilman, daftar online pasien rawat jalan memiliki kepastian kapan harus datang ke rumah sakit dan mendapat pengobatan.

Tak Ada Satu Pun Pemain Persib Bandung di Timnas Senior, Ini Kata Simon McMenemy kepada Yaya Sunarya

Saepulloh Maulana Tiba dan Fabiano Beltrame Dikabarkan Merapat, Ini Kata Bek Muda Persib Bandung

“Kalau daftar manual dengan datang langsung mengambil nomor, sudah lama antrenya dan belum ada kepastian bisa diobati kalau banyak sekali pasien yang datang,” katanya.

Ia mengatakan, dokter spesialis yang bertugas di poli juga memiliki tugas lain misalnya melakukan operasi.

“Misalnya di poli penyakit dalam, list pasien hanya 100 orang dan yang berobat di atas 100 pasien karena dokter spesialis juga tak selama ada di poli, bisa saja ada jadwal operasi,” katanya.

Hilman menyebutkan, dengan daftar online pasien sudah tahu kapan harus datang ke RSUD.


“Biasanya pasien padat itu setiap Senin dan Selasa nanti kalau daftar online itu diatur kapan waktunya harus datang. Pasien memiliki kepastian dilayani, memperpendek waktu dan tidak perlu antre,” katanya.

Untuk daftar online ini, pasien bisa daftar langsung dengan membuka website resmi RSUD Sumedang.

“FKTP harus menerbitkan rujukan dan membantu mendaftarkan pasiennya ke RSUD secara online dengan mengisi data pasien, nomor rujukan, tanggal kunjungan dan tujuan poli,” katanya.

Menurutnya, pasien datang ke RSUD sesuai tanggal kunjungan dan melakukan konfirmasi kehadiran dengan scanning surut rujukan yang diterbitkan oleh FKTP pada mesin anjungan pelayanan mandiri (APM).

“Setelah berhasil melakukan scanning surat rujukan di APM, pasien menuju poli untuk menunggu dipanggil. Petugas nanti akan mengantar dan menyerahkan berkas rekam medis ke poli,” katanya. (*)

Penulis: Deddi Rustandi
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved