Bawaslu Sebut Tiga Kesalahan KPU Cianjur Terkait NIK Warga Cina Masuk DPT

Bawaslu Kabupaten Cianjur, Tatang Sumarna,KPU Kabupaten Cianjur melakukan tiga kesalahan terkait nomor induk kependudukan warga Cina yang masuk DPT.

Bawaslu Sebut Tiga Kesalahan KPU Cianjur Terkait NIK Warga Cina Masuk DPT
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Ketua KPU Cianjur Hilman Wahyudi, Rabu (27/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR- Komisioner Bawaslu Kabupaten Cianjur, Tatang Sumarna, mengatakan, Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Cianjur telah melakukan tiga kesalahan terkait nomor induk kependudukan warga Cina yang masuk daftar pemilihan tetap.

Pihaknya mengaku akan memanggil KPU Cianjur, Rabu (27/2/2019) hari ini untuk mengetahui dan mengklarifikasi permasalahan.

"Kami sudah memutuskan bahwa KPU harus memperbaiki kesalahan tersebut, kejadian ini masuk pelanggaran administrasi," ujar Tatang di kantor Bawaslu Jalan Ariawiratanudatar, Rabu (27/2/2019).

Tatang mengatakan, tiga kesalahan yang dilakukan KPU Cianjur adalah kesalahan saat memasukkan nomor kartu keluarga, kesalahan memasukkan nomor induk kependudukan, dan kesalahan memasukkan tanggal lahir.

"Tiga elemen kesalahan tersebut harus seger diperbaiki KPU," ujar Tatang.

KPU Cianjur Pastikan Tak Ada Warga Asing yang Masuk DPT

Kanwil Kemenkumham Jabar Selidiki Kasus KTP-el Kabupaten Cianjur yang Dimiliki Warga Negara Asing

Menurutnya, DPT Cianjur sebenarnya sudah mengalami tiga kali penetapan. Terakhir adalah hasil pencermatan 2 yang dilakukan pada 10 Desember 2018.

"Hari ini kami berencana memanggil KPU terkait permasalahan yang viral ini," ujar Tatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi, mengatakan isu warga negara asing masuk ke dalam daftar pemilih tetap Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden itu hoak dan tak benar.

"Isu yang cukup hangat dengan isu warga negara asing menjadi orang yang masuk kedalam DPT tersebut hoaks, hal itu diketahui setelah kami melakukan penulusuran informasi," ujar Hilman, di kantor KPU Jalan Suroso, Selasa (26/2/2019).

Halaman
12
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved