Sebulan Pascabencana Angin Puting Beliung, Rumah Warga yang Rusak Berat Sudah Diperbaiki

Sebelumnya, akibat angin puting beliung tersebut, ratusan genting yang menjadi atap rumah milik pasangan ini tidak diketahui keberadaannya dan hingga

Sebulan Pascabencana Angin Puting Beliung, Rumah Warga yang Rusak Berat Sudah Diperbaiki
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Rumah pasangan Ahmad Hidayat (53) dan Suhemi (47) di Rancaekek Permai 2 sudah dibangun kembali setelah sebelumnya terdampak angin puting beliung 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, menjadi satu di antara daerah yang terdampak parah pascakejadian angin puting beliung pada 11 Januari 2019.

Dari pantauan Tribun Jabar, Selasa (25/2/2019), sejumlah rumah yang terdampak, terutama di kawasan blok B dan C masih terlihat mengalami kerusakan cukup parah.

Dari informasi warga sekitar, rumah-rumah yang mengalami kerusakan tersebut, diketahui tidak berpenghuni dan dibiarkan oleh sang pemilik sejak pertama kali dibangun.

Berbeda dengan yang lainnya, pasangan suami istri, Ahmad Hidayat (53) dan Suhemi (47), bangkit dari keterpurukan akibat bencana angin puting beliung, serta mencoba melupakan setiap detik kejadian mengerikan tersebut.

Sebelumnya, akibat angin puting beliung tersebut, ratusan genting yang menjadi atap rumah milik pasangan ini tidak diketahui keberadaannya dan hingga tidak pernah ditemukan.

BNNP Jabar Punya Gedung Baru, Hari Ini Siap Diresmikan

Dedi Mulyadi : Jika BPN Sudah Menang di Jabar, Kenapa Ada Kampanye Jokowi Menang Tak Ada Lagi Azan

Akibat kerusakan tersebut, selama empat hari pascakejadian nahas tersebut, keluarganya hanya bisa berupaya membersihkan puing-puing yang berserakan di halaman hingga bagian dalam rumah.

"Seluruh atap abis, tidur pun menumpang di tetangga yang rumahnya utuh," ujar Suhemi kepada Tribun Jabar, Selasa (25/2/2019).

Namun, sepekan pascakejadian, sejumlah bantuan dari sejumlah pihak mulai ia terima untuk kembali bangkit dan memperbaiki seluruh bagian rumah yang mengalami kerusakan.

Suhemi menyebut bahwa ia mendapatkan bantuan hingga Rp 30 juta, bantuan tersebut langsung ia dapat dari kerabat kerja, saudara, relawan, dan dari pemerintah setempat.

"Alhamdulillah, uang sebesar itu sudah dipakai bangun rumah, sudah selesai juga. Kami tidak perlu tidur di rumah orang lain lagi," katanya.

Data dari BPBD Kabupaten Bandung, terkait kerusakan akibat angin puting beliung pada Jumat (11/1/2019), sebanyak 736 rumah mengalami kerusakan, mulai dari rusak ringan hingga berat.

Beberapa titik di Kecamatan Rancaekek yang terkena angin puting beliung yakni, Desa Jelegong, Kelurahan Rancaekek Kencana, Desa Bojongloa, dan Desa Rancaekek Wetan.

Selain itu, akibat amukan angin puting beliung, 15 orang mengalami luka ringan dan satu orang luka berat.

Umuh Muchtar Siap Jika KLB PSSI Digelar di Bandung, Bahkan Siap Bayari Anggota Exco Temui FIFA

Lama Tidak Tampil di Layar Kaca, Begini Kabar Cici Panda Setelah Tinggalkan Dunia Hiburan

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved