Beredar Surat Pembatasan Siaran Lagu Berbahasa Inggris untuk Lembaga Penyiaran di Jabar, Ini Isinya

Surat edaran mengenai pembatasan siaran lagu berbahasa Inggris beredar melalui aplikasi perpesanan instan WhatApp, Selasa (26/2/2019).

Beredar Surat Pembatasan Siaran Lagu Berbahasa Inggris untuk Lembaga Penyiaran di Jabar, Ini Isinya
istimewa
Surat yang diduga dikeluarkan KPID Jabar. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Surat edaran mengenai pembatasan siaran lagu berbahasa Inggris beredar melalui aplikasi perpesanan instan WhatsApp, Selasa (26/2/2019).

Dalam surat edaran yang diterima Tribun Jabar, di kopnya surat itu tercatut nama lembaga Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Barat.

Tak ketinggalan, ada pula nomor surat yang tertera di sana, yaitu nomor 480/215/IS/KPID-JABAR/II/2019.

Di bagian akhir surat itu tertulis, "Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Jawa Barat menetapkan bahwa lagu-lagu berbahasa Inggris yang berjudul sebagaimana terlampir pada surat edaran ini, baik dalam bentuk lagu, video klip, dan atau sejenisnya hanya dapat disiarkan dan atau ditayangkan pada lembaga penyiaran yang ada di wilayah layanan Jawa Barat dalam klasifikasi waktu dewasa (D), mulai pukul 22.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB."

Kemudian, di bagian akhir surat edaran, ada pula tanda tangan yang mengatasnamakan Ketua KPID Jawa Barat, Dedeh Fardiah.

Tertulis, surat itu ditetapkan di Bandung pada 18 Februari 2019.

Di bagian awal surat edaran itu, ada beberapa pertimbangan yang mendasari mengenai penetapan tersebut.

Jerinx SID Kembali Serang Anang Soal RUU Permusikan, Singgung Profesi dan Gaji Suami Ashanty

Ada sekitar 11 poin yang jadi pertimbangan penetapan tersebut, di antaranya adalah:

1. Pasal 3 Undang-undang nomor 32 tahun 2002 tentang penyiaran bahwa penyiaran diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkukuh integrasi nasional, terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertakwa, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dalam rangka membangun masyarakat yang mandiri, demokratis, adil dan sejahtera, serta menumbuhkan industri penyiaran Indonesia;

2. Pasal 5 huruf b Undang-undang nomor 32 tahun 2002 tentang penyiaran bahwa penyiaran diarahkan untuk: b. menjaga dan meningkatkan moralitas dan nilai-nilai agama serta jati diri bangsa;

Halaman
12
Penulis: Yongky Yulius
Editor: Widia Lestari
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved