17 Warga Negara Asing yang Miliki KTP-el Cianjur Tak Bisa Mencoblos di Pilpres dan Pileg 2019

Plt Kepala Disdukcapil Cianjur Muchsin Sidiq Elfatah, mengatakan 17 warga negara asing yang telah memiliki KTP-el Kabupaten Cianjur

17 Warga Negara Asing yang Miliki KTP-el Cianjur Tak Bisa Mencoblos di Pilpres dan Pileg 2019
istimewa
Foto ilustrasi KTP-elwarga Cina beralamat Cianjur 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Plt Kepala Disdukcapil Cianjur Muchsin Sidiq Elfatah, mengatakan 17 warga negara asing yang telah memiliki KTP-el Kabupaten Cianjur dipastikan tak bisa ikut mencoblos di Pileg maupun Pilpres.

"Jadi ada beberapa perbedaan masa berlaku mereka hanya lima tahun, saya contohkan dalam KTP-el juga ada kewarganegaraan misal Cina," ujar Muchsin di Cianjur, Selasa (26/2/2019).

Muchsin mengatakan pemberian KTP-el sudah sesuai dengan Undang-undang. Untuk pesta demokrasi ia menegaskan akan menyampaikan kepada KPU agar 17 warga asing yang punya KTP-el tak bisa mencoblos.

"Sudah kami sampaikan kepada KPU mengenai hal ini," katanya.

Ia mengatakan, belasan warga asing tersebut di antaranya berasal dari Cina, Perancis, Korea, dan Saudk Arabia.

Sebelumnya, Kepala UKK Imigrasi Cianjur, Faried Apriandy, mengatakan, warga negara asing yang memiliki KTP-el Kabupaten Cianjur telah melalui persyaratan yang sah karena telah memiliki kartu izin tinggal tetap.

Apriandy mengatakan, ia mendapat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Cianjur bahwa warga negara asing yang telah membuat KTP-el memiliki Kitap resmi.

Kabar beredar dan menjadi viral di media sosial setelah ada keterangan bahwa warga negara asing di Cianjur memiliki KTP-el resmi Kabupaten Cianjur. Banyak yang menduga bahwa persyaratan yang ditempuh tak sesuai dan KTP dikeluarkan secara tak resmi.

Brownies Susu Lembang, Oleh-oleh Baru Asli Lembang, Bahan dan Produksinya di Lembang

Namun hal tersebut dibantah oleh Imigrasi Cianjur yang menyebut bahwa izin Kitap telah ditempuh melalui Imigrasi Sukabumi, pasalnya Imigrasi Cianjur baru dibentuk satu bulan.

Halaman
12
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved